Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramai-ramai Tanam Pohon untuk Penghijauan di KBRI Addis Ababa

Aksi ramai-ramai tanam pohon untuk penghijauan terjadi di sekitar gedung dan taman hutan Kedubes RI di Addis Ababa, Ethiopia, pada Sabtu (20/7/2019).
Aksi ramai-ramai tanam pohon untuk penghijauan di sekitar gedung dan taman hutan Kedubes RI di Addis Ababa, Ethiopia, pada Sabtu (20/7/2019)./Istimewa
Aksi ramai-ramai tanam pohon untuk penghijauan di sekitar gedung dan taman hutan Kedubes RI di Addis Ababa, Ethiopia, pada Sabtu (20/7/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Aksi ramai-ramai tanam pohon untuk penghijauan terjadi di sekitar gedung dan taman hutan Kedubes RI di Addis Ababa, Ethiopia, pada Sabtu (20/7/2019) dilakukan oleh 70 pejabat, pengusaha, tokoh publik, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh milenial Ethiopia.

Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, menjelaskan Indonesia dan Ethiopia adalah dua negara sahabat yang memiliki perhatian dan komitmen yang tinggi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup melalui kegiatan penghijauan di antaranya dengan mendorong masyarakat menanam pohon secara masif.

Ramai-ramai Tanam Pohon untuk Penghijauan di KBRI Addis Ababa

Hal itu, menurutnya sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis pada Sabtu, sejalan dengan imbauan PresidenJoko Widodo agar masyarakat aktif meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menjaga kelestarian hutan secara terus menerus.

Di sisi lain Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed baru-baru ini mencanangkan penanaman 4 miliar pohon di Ethiopia selama musim hujan sepanjang Juni hingga September tahun ini.

Al Busyra Basnur mengemukakan hal itu saat membuka acara penanaman bersama 70 pohon di sekitar gedung dan taman hutan KBRI Addis Ababa pada Sabtu.

Acara yang diinisiasi oleh KBRI Addis Ababa itu dihadiri sekitar 80 orang antara lain pejabat pemerintah, akademisi, pengusaha, tokoh publik, seniman, dan profesional lain Ethiopia.

“Penghijauan dan menanam pohon sangat penting bagi kelangsungan hidup anak dan cucu kita. Banyak hutan yang rusak atau mati, dan itu harus kita ganti dengan pohon yang baru. Marilah kita menghijaukan dunia dari Ethiopia, menghijaukan Ethiopia dari Addis Ababa dan menghijaukan Addis Ababa dari taman hutan KBRI Addis Ababa yang sudah rindang ini dengan bersama-sama kita menanam pohon,” ujarnya.

Dia menambahkan acara tanam pohon bersama itu juga dimaksudkan untuk mendukung program Pemerintah Ethiopia yaitu menanam 4 miliar pohon pada musim hujan tahun ini; meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk menanam pohon sebanyak mungkin; dan mempererat persahabatan Indonesia dengan Ethiopia. 

Ramai-ramai Tanam Pohon untuk Penghijauan di KBRI Addis Ababa

Sementara itu, Getachew Mekebo, Dirjen Asia dan Oceania, Kemlu Ethiopia, mengatakan bahwa Kedutaan Besar RI di Addis Ababa adalah kedutaan asing pertama di Ethiopia yang menginisiasi gerakan tanam pohon bersama.

“Ini sebuah bentuk dukungan Indonesia yang luar biasa terhadap pemerintah Ethiopia dalam program gerakan tanam 4 miliar pohon selama musim hujan tahun ini. Pemerintah Ethiopia sangat menghargai kegiatan Kedubes RI di Addis Ababa dan mengharapkan menjadi contoh bagi kedutaan besar negara lainm,” kata Getachew.

Pejabat pemerintah Ethiopia yang menanam pohon di KBRI Addis Ababa diantaranya Direktur Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri; Direktur Jenderal Asia dan Oceania Kementerian Luar Negeri; Direktur Kerjasama Kementerian Pemuda; Komisioner Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Komisioner Kerjasama Perdagangan, serta pihak Kepolisian setempat.  

Selain itu, sejumlah pengusaha Ethiopia, LSM, pimpinan lebih dari 15 organisasi millennial, tokoh masyarakat Indonesia di Ethiopia dan KBRI Addis Ababa juga ikut menanam pohon, termasuk Duta Besar Al Busyra Basnur dan isteri Wenny Busyra serta staf KBRI Addis Ababa.

Tokoh masyarakat Indonesia di Ethiopia yang juga menanam pohon di antaranya Adrianto Yuliar Salam, Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia; Taryat Suratman, General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol; Edo Mahendra dari United Nations Economic Commission for Africa (UNECA); dan Indriyati Rodjan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Acara tanam pohon di KBRI Addis Abba yang diselenggaraan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Duta Besar Al Busyra Basnur itu, dimeriahkan pula oleh pertunjukan grup band yang pemainnya adalah mantan anak jalanan Ethiopia yang kini telah sukses, termasuk Liyuneh Tamirat, CEO Inspired Ethiopia Youth Association.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper