Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas Perusahaan Jepang Nilai Tak Perlu Pelonggaran Kebijakan BoJ

Mayoritas perusahaan Jepang tidak melihat perlunya Bank of Japan (BoJ) melonggarkan kebijakan lebih lanjut pada tahun ini meski bank sentral itu dapat melakukannya awal bulan ini ketika tekanan ekonomi meningkat.
Bank of Japan/REUTERS
Bank of Japan/REUTERS

Kabar24.com, JAKARTA--Mayoritas perusahaan Jepang tidak melihat perlunya Bank of Japan (BoJ) melonggarkan kebijakan lebih lanjut pada tahun ini meski bank sentral itu dapat melakukannya awal bulan ini ketika tekanan ekonomi meningkat.

Pasar berharap BoJ dapat memperluas stimulus besar-besaran tahun ini untuk mengurangi dampak pada ekonomi Jepang yang bergantung pada ekspor akibat perang dagang AS-China. Selain itu, permintaan global juga tengah melemah.

Penguatan yen akibat pelonggaran moneter oleh bank sentral global utama lainnya juga bisa mendorong BoJ melakukan pelonggaran lanjutan, menurut hasil survei Reuters.

Jajak pendapat Reuters terpisah minggu ini menunjukkan hampir seperlima ekonom mengatakan BoJ dapat melonggarkan kebijakannya setelah dilakukan evaluasi pada 29-30 Juli. Pelonggaran itu dilakukan jika penurunan suku bunga yang diharapkan oleh Federal Reserve AS bulan ini memicu kenaikan tajam nilai yen. 

Sedangkan The Fed akan mengeluarkan keputusan kebijakan berikutnya pada 31 Juli mendatang. Akan tetapi 88% perusahaan Jepang mengatakan tidak ada pelonggaran tambahan yang diperlukan tahun ini, sementara 12% menyerukan lebih banyak stimulus, menurut Survei Perusahaan Reuters yang diterbitkan pada hari ini, Jumat (19/7).

Pelonggaran BoJ yang agresif selama bertahun-tahun telah mendorong biaya pinjaman turun hingga nol sehingga menekan margin bank komersial selain meninggalkan sedikit amunisi untuk menghadapi pelemahan ekonomi lainnya.

"Saya berharap BoJ akan menunggu untuk melihat dampak dari kenaikan pajak penjualan sebelum menilai apakah pelonggaran lebih lanjut diperlukan," kata Takehiro Noguchi, ekonom senior di Mizuho Research Institute.

“Apresiasi cepat yen yang berasal dari gesekan perdagangan AS dan China dan / atau penurunan suku bunga oleh AS dan bank sentral Eropa bisa menjadi faktor risiko. Jika itu terjadi, Anda tidak bisa mengesampingkan kemungkinan BOJ memperdalam suku bunga negatifnya. "

responden yang percaya harus ada pelonggaran lebih lanjut yang dikutip konsumsi swasta yang lemah, risiko yen naik dari pelonggaran Fed dan ECB, dan perang perdagangan AS-China.

Hanya sebagian kecil yang mengatakan inflasi stagnan membenarkan pelonggaran lebih lanjut, karena target 2% BOJ tetap jauh meskipun lebih dari enam tahun stimulus besar-besaran di bawah Gubernur Haruhiko Kuroda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper