Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pidato Lengkap Jokowi Tanggapi Hasil Sidang Putusan MK

Calon Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato menanggapi hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis (28/6/2019) malam.
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin bersiap memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/6/2019)./ANTARA-Wahyu Putro A
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin bersiap memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/6/2019)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA—Calon Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato menanggapi hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jakarta, Kamis (28/6/2019) malam.

Dengan menggunakan baju berwarna putih, Jokowi ditemani oleh Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Jokowi menyampaikan penjelasan di hadapan puluhan wartawan yang telah menunggunya sejak sore. Berikut isi pidato lengkap Jokowi mengenai hasil sidang putusan MK yang menolak permohonan pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno terkait gugatan hasil Pilpres 2019.

Berikut isi pidato lengkap Jokowi tersebut.

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat malam, salam sejahtera buat kita semua, Shalom, Om swastiastu, Namo buddhaya.

Bapak, ibu dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air, seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai.

Proses pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan legislatif yang kita lalui dalam 10 bulan terakhir telah menjadi pembelajaran, telah menjadi pendewasaan dalam kita berdmeokrasi di negara kita. 

Rakyat sudah berbicara, rakyat sudah berkehendak, suara rakyat sudah didengar, rakyat sudah memutuskan dan telah diteguhkan oleh jalur konstitusi dalam jalan bangsa yang beradab dan berbudaya. Kita telah melampaui tahapan pendaftaran, tahapan kampanye, kemudian pencoblosan, penghitungan suara, penetapan hasil rekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum, pengawasna oleh Bawaslu serta penyelesaian sengketa Pemilihan Presiden di Mahkamah Agung dan di Mahkamah Konstitusi.

Semua tahapan telah kita jalani secara terbuka, secara transparan, secara konstitusional. Dan syukur Alhamdulillah malam hari ini kita telah sama-sama mengetahui hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi.

Kita semua menyaksikan proses persidangan di Mahkamah Konstitusi yang diselenggarakan secara adil dan transparan, secara terbuka serta disaksikan secara langsung oleh seluruh rakyat Indonesia melalui televisi maupun media elektronik lainnya.

Putusan Mahkamah Konstitusi adalah putusan yang bersifat final dan sudah seharusnya kita semuanya menghormati dan laksanakan bersama-sama. Keberhasilan bangsa Indonesia menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil patut kita syukuri bersama.

Terimakasih kepada Komisi Pemilihan Umum, kepada Bawaslu, dan kepada DKPP yang melalui perannya masing-masing telah sukses memastikan terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil.  Terimakasih kepada para penegak hukum, termasuk Mahkamah Agung dan lembaga peradilan di bawahnya yang telah mengawal proses penegakan hukum pemilu yang adil. Terimakasih juga kami sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan proses jalannya pemilihan umum. Dan terimakasih kami sampaikan kepada MK yang telah memutus sengketa Pemilihan Presiden dengan adil dan transparan.

Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara Indonesia tanah air kita tercinta.

Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan indonesia.

Walau pilihan politik berbeda, tetapi kita harus saling menghargai. Walau pilihan politik berbeda, kita harus saling menghormati. Walau pilihan politik berbeda pada saat Pemilihan Presiden namun kami sampaikan bahwa Presiden dan Wakil Presiden terpilih adalah Presiden dan Wakil Presiden bagi seluruh anak bangsa, bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saya yakin semangat kita sama yaitu Indonesia yang bersatu untuk membangun Indonesia yang maju, yang mampu bersanding dengan negara-negara besar lainnya, membangun Indonesia yang menang menghadapi kompetisi global yang ketat dan membangun Indonesia yang unggul yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saya meyakini kebesaran hati dan kenegarawanan dari sahabat baik saya, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno. Beliau berdua memiliki visi yang sama dalam membangun Indonesia ke depan, Indonesia yang lebih baik dan Indonesia yang lebih maju adil sejahtera.

Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Semoga amanah yang kembali diberikan kepada saya sebagai Presiden dan Bapak KH Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden periode 2019-2024 dapat kami jalankan sebaik-baiknya. Untuk mewujudkan pembangunan yang adil, pembangunan yang merata demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh partai koalisi, seluruh relawan yang telah bekerja keras. Dan seklai lagi untuk seluruh rakyat Indonesia.

Saya dan Bapak KH Ma'ruf Amin berjanji akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali. Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Om shanti om, Namo buddhaya, semoga Tuhan memberkati kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper