Dapat Ancaman Bom, Pesawat Air India Mendarat Darurat dengan Pengawalan Jet Tempur Inggris

Seorang pejabat Air India mengatakan bahwa pesawat dengan nomor penerbangan AI 191 yang terbang dari Mumbai ke Newark melakukan pendaratan di Bandara Stansted London setelah Bandara Mumbai, India mendapat panggilan tentang kabar hoaks adanya bom.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  20:45 WIB
Dapat Ancaman Bom, Pesawat Air India Mendarat Darurat dengan Pengawalan Jet Tempur Inggris
Air India - The Statesment

Bisnis.com, JAKARTA--Sebuah pesawat penumpang maskapai Air India yang menuju Amerika Serikat terpaksa mendarat di London, Inggris setelah mendapat ancaman bom palsu pada Kamis (27/6/2019). Bahkan pesawat tersebut sampai harus dikawal oleh jet tempur Inggris.

Mengutip Reuters, seorang pejabat Air India mengatakan bahwa pesawat dengan nomor penerbangan AI 191 yang terbang dari Mumbai ke Newark melakukan pendaratan di Bandara Stansted London setelah Bandara Mumbai, India mendapat panggilan tentang kabar hoaks adanya bom.

Pejabat itu mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada ancaman keamanan.

Akibat panggilan tersebut, otoritas Inggris sampai mengerahkan jet tempur Typhoon dengan kecepatan supersonik untuk mencegat pesawat jenis Boeing 777-337 tersebut. Jet tempur Inggris mengawal pesawat tersebut hingga mendarat dengan aman di Stansted.

Saat pendaratan dilakukan, landasan di Bandara Stansted ditutup sementara. Pesawat Air India tersebut kemudian diarahkan ke lokasi yang terisolasi dengan penjagaan polisi.

“Sebuah Boeing 777 Air India dialihkan ke Bandara Stansted London sekitar 1015 dan mendarat dengan aman bersama Essex Police yang hadir. Itu diparkir di tempat terpencil yang terisolasi dari operasi bandara normal, ”kata otoritas bandara setempat.

"Landasan pacu kami sekarang telah dibuka kembali dan beroperasi penuh setelah pendaratan pencegahan penerbangan Air India," katanya.

Kepolisisan Inggris tengah melakukan penyelidikan atas insiden ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
india

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top