Dukung Edukasi dan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup, Angkasa Pura I Turut Dukung Youth Summer Camp 2019

PT Angkasa Pura I (Persero) menunjukkan komitmennya dalam mendukung edukasi dan gerakan peduli lingkungan hidup dengan mendukung gerakan Youth Summer Camp 2019 yang diselenggarakan pada 21-24 Juni 2019 di Bali.

Bisnis.com, BALI – PT Angkasa Pura I (Persero) menunjukkan komitmennya dalam mendukung edukasi dan gerakan peduli lingkungan hidup dengan mendukung gerakan Youth Summer Camp 2019 yang diselenggarakan pada 21-24 Juni 2019 di Bali.

Beberapa kegiatan Youth Summer Camp di antaranya peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2019.

Youth Summer Camp merupakan inisiatif kegiatan edukasi generasi muda Indonesia tentang konservasi kelautan dari Komunitas Marine Buddies yang berada di bawah WWF Indonesia.

Angkasa Pura I yang memiliki misi dalam memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan hidup turut mendukung berbagai inisiatif terkait praktik bisnis berkelanjutan dan konservasi lingkungan hidup, termasuk isu kelautan.

“Angkasa Pura I mendukung berbagai inisiatif gerakan edukasi pelestarian lingkungan, termasuk kegiatan Youth Summer Camp 2019 ini. Generasi milenial memiliki peran yang cukup signifikan untuk berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, yang pada akhirnya juga berdampak terhadap keberlanjutan bisnis. Kami bangga menjadi bagian dari gerakan generasi muda yang berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup ini, khususnya isu kelautan. Harapannya, gerakan ini dapat berkembang dan menjadi gerakan nasional yang melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan untuk mewujudkan objektif konservasi lingkungan hidup nasional,” ujar Devy Suradji selaku Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero).

Menurut Direktur Komunikasi WWF-Indonesia Elis Nurhayati, Youth Summer Camp merupakan inisiatif yang digerakkan oleh Komunitas Marine Buddies dan diikuti oleh 100 anak muda dari berbagai kota di Indonesia.

Selain sebagai media edukasi untuk mengenalkan isu kelautan dan konservasi di Indonesia, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membuat perencanaan aksi nasional terkait isu kelautan di Indonesia selama setahun ke depan.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang di galang oleh WWF-Indonesia bersama Angkasa Pura I serta didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Data riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan bahwa nilai kekayaan laut Indonesia hingga Maret 2019 mencapai Rp1.772 triliun atau setara dengan 93 persen dari total APBN Indonesia tahun 2018. Nilai kekayaan tersebut bersumber dari ikan, terumbu karang, ekosistem mangrove, ekosistem lamun, potensi wisata bahari, dan lainnya.

Untuk mengoptimalkan potensi kekayaan laut tersebut, konservasi juga memiliki peran penting. Kawasan konservasi laut merupakan instrumen penting dalam pengelolaan sumber daya perikanan karena dapat melindungi habitat, struktur ekosistem, fungsi ekosistem, dan menjaga keanekaragaman spesies.

Perlindungan terhadap 20 hingga 40 persen wilayah laut dari penangkapan ikan akan meningkatkan hasil penangkapan jangka panjang dan mengurangi tekanan penangkapan berlebih.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mendirikan kawasan konservasi perairan (laut) di seluruh Indonesia seluas 20 juta hektar pada tahun 2020. Niat Ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia pada acara World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit di Manado pada tahun 2009 dan di Bali di 2018.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada tahun 2018 telah terbangun 177 kawasan konservasi perairan dengan luasan mencapai 20,88 juta Ha (6,42 % dari luas laut) di seluruh Indonesia.

Dalam rangka mendukung upaya konservasi laut dan memaksimalkan potensi kekayaan laut Indonesia tersebut serta sebagai tanggung jawab pengelolaan lingkungan akibat pembangunan bandara khususnya di Bali, Angkasa Pura I turut mendukung kegiatan Youth Summer Camp ini sebagai salah satu program sustainability development yang sedang digalakkan oleh Angkasa Pura I.

Dukung Edukasi dan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup, Angkasa Pura I Turut Dukung Youth Summer Camp 2019

Dorong Generasi Muda Peduli Konservasi Laut

Melalui Youth Summer Camp ini, Angkasa Pura I mendorong generasi muda Indonesia untuk memiliki kepedulian terhadap konservasi laut. Pada kegiatan Youth Summer Camp yang diselenggarakan selama empat hari ini akan diberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai kelautan, dari mulai potensi sumber daya alam, kampanye Illegal wildlife trade, hingga cara berkontribusi kepada konservasi laut dengan melakukaan pendataan sampah pesisir dan penanganan mamalia terdampar.

Selain itu peserta juga akan melakukan kunjungan ke Kawasan Konservasi Perairan Daerah Nusa Penida, melakukan penanaman mangrove dan terumbu karang, pelepasan tukik, dan kegiatan malam budaya.

Youth Summer Camp kali ini melibatkan sekitar 100 orang generasi muda Indonesia berusia 15-24 tahun perwakilan dari Komunitas Marine Buddies Indonesia, komunitas Earth Hour, mahasiswa, dan generasi muda dari komunitas umum lainnya.

Selain itu, pada kegiatan pelepasan tukik dan transplantasi karang, Angkasa Pura I didukung oleh Nusa Dua Reef Foundation, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana, dan Manajemen Shangri La Hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper