Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bahas Leaders Retreat Dengan Lee Hsien Long di Sela KTT Asean

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong membahas pertemuan tahunan pemimpin kedua negara (Indonesia-Singapore Annual Leaders' Retreat) yang akan diselenggarakan di Singapura pada Desember tahun 2019.
Seorang wanita berjalan melewati spanduk di tempat KTT Asean  di Bangkok, Thailand 21 Juni 2019./Reuters
Seorang wanita berjalan melewati spanduk di tempat KTT Asean di Bangkok, Thailand 21 Juni 2019./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong membahas pertemuan tahunan pemimpin kedua negara (Indonesia-Singapore Annual Leaders' Retreat) yang akan diselenggarakan di Singapura pada Desember tahun 2019.

"Pembicaraaan antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dilakukan dalam pertemuan informal [pull aside meeting]," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di sela-sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/2019).

Menteri Retno mengatakan bahwa pertemuan "pull aside" dilakukan oleh kedua pemimpin negara sambil menunggu sesi pleno KTT ASEAN ke-34.

"Jadi pertemuan dengan Singapura berlangsung sangat singkat. Kedua pemimpin membahas mengenai rencana pertemuan Leaders' Retreat yang untuk tahun ini menjadi giliran Singapura untuk menjadi tuan rumah dan kemungkinan akan dilakukan pada minggu pertama Desember," ujar Menteri Retno.

Leaders Retreat merupakan pertemuan tahunan antar-kepala pemerintahan kedua negara yang diselenggarakan secara bergantian di Indonesia atau Singapura.

Dalam pertemuan Leaders' Retreat yang berlangsung di di Nusa Dua, Bali pada 11 Oktober 2018, pemerintah Indonesia dan Singapura mendorong penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya di bidang investasi.

Indonesia dan Singapura menyetujui promosi perlindungan penanaman modal antara RI dan Singapura.

Selanjutnya, dalam pertemuan itu pemerintah Indonesia dan Singapura juga menandatangani tujuh nota kesepahaman (MoU) lainnya, yaitu MoU tentang Program Kerja Sama Budaya untuk 2019-2020, MoU Kerja Sama Bidang Seni dan Warisan, MoU Kerja Sama Teknologi Keuangan, Instrumen Perluasan untuk MoU Tentang Kerjasama Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Maritim, MoU tentang Kerjasama untuk Pengembangan dan Implementasi Industri 4.0, MoU tentang Program Pembelajaran Teknologi Keuangan untuk Pendidikan Tinggi, MoU Kerja Sama Wisata Pesiar antara Pelindo III dan Star Cruise.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper