Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika SPP Ingin Digratiskan, Jabar Harus Siap Alokasikan Rp2 Triliun

Jumlah anggaran yang harus disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait rencana menggratiskan SPP untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK mencapai Rp2 triliun.
Ilustrasi - Siswa-siswi sekolah dasar/Bisnis-Antara
Ilustrasi - Siswa-siswi sekolah dasar/Bisnis-Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Jumlah anggaran yang harus disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait dengan rencana menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan (SPP) untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK mencapai Rp2 triliun.

"Kebutuhan anggaran untuk membiayai kebijakan ini mencapai hampir sekitar Rp2 triliun makanya berat,” kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil, Selasa (18/6/2019).

Gubernur Emil mengatakan, rencana untuk menggratiskan SPP tersebut harus mendapatkan persetujuan dari DPRD Jawa Barat karena kebutuhan anggarannya besar dan pihaknya harus melakukan efisiensi.

"Mohon doanya, Insyaallah tahun depan kalau tidak ada halangan dan dewan menyetujui kita lakukan penghematan-penghematan, sehingga hasil penghematannya kita bisa alokasikan untuk SPP," kata dia.


Dia menuturkan SPP gratis akan diberikan juga pada siswa SMA/SMK negeri dan swasta yang berkategori miskin atau tidak mampu. Menurut dia, walaupun membutuhkan anggaran yang besar pihaknya menjamin upaya penghematan tidak akan mengganggu anggaran pembangunan yang lain.

Dari penghematan, Gubernur Emil berharap bisa menghasilkan anggaran yang cukup untuk menggratiskan SPP untuk SMP dan SMA.

Sebelumnya, Gubernur Emil mengatakan, Pemprov Jawa Barat saat ini sedang menggodok dan mematangkan rencana untuk menggratiskan biaya  SPP untuk sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK.

"Jadi tadi sudah dibahas, Insyaallah saya sebagai gubernur sedang merencanakan tahun depan jika tidak ada halangan maka SMP dan SMA SPP-nya itu bisa gratis," kata Gubernur Emil usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate Bandung, Senin (17/6).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini Emil belum menjelaskan secara rinci tentang skema rencana menggratiskan SPP tersebut. Akan tetapi, Gubernur Emil berharap kebijakan baru tersebut bisa meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat Jawa Barat.

"Mohon doanya dan Insya Allah Pemprov Jawa Barat telah menghitung kalau tidak ada halangan maka SPP SMP, SMA, dan SMK gratis tahun depan," kata Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper