Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Gaya Baru Ridwan Kamil Pilih Pejabat Eselon 3 dan 4

Proses mutasi dan rotasi eselon 3 dan 4 di lingkungan Pemprov Jawa Barat akan segera bergulir dalam waktu dekat.
Ridwan Kamil saat diwawancarai wartawan/Wisnu Wage
Ridwan Kamil saat diwawancarai wartawan/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Proses mutasi dan rotasi eselon 3 dan 4 di lingkungan Pemprov Jawa Barat akan segera bergulir dalam waktu dekat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan proses rotasi dan mutasi yang melibatkan ratusan pejabat eselon 3 dan 4 tersebut adalah proses rutin dalam organisasi pemerintah daerah. 

“Itu rutin enggak ada masalah yang pasti pegang omongan saya kami sangat objektif,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/6/2019).

Proses menentukan pejabat selevel sekretaris dinas, kepala bagian dan kepala sub bagian ini menurutnya melewati salah satu proses baru di luar seleksi normatif lainnya.

“Di kami ada tambahan namanya per review , itu review teman [kerja]-nya, jadi horizontal. Jadi selain analisa pimpinan, analisa kawan-kawannya bagaimana. Nah itu nanti akan memastikan  orang yang terpilih benar-benar objektif,” ujarnya.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya saat ini baru menuntaskan pembenahan kualitas database kepegawaian sebagai bagian proses rotasi, promosi dan rotasi yang akan menghasilkan pejabat-pejabat terbaik.

“Belum dalam waktu dekat karena proses ini mensyaratkan perbaikan sistemnya terlebih dulu, alhamdulillah pembenahan database kepegawaiannya baru kami selesaikan bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” katanya.

Menurutnya proses penyegaran roda birokrasi di era Gubernur Ridwan Kamil ini lahir dari perbaikan sistem data hingga proses seleksi ASN yang komprehensif. “Tanpa mengurangi rasa hormat, Jawa Barat ingin menjadi provinsi yang terbaik di ASEAN, kuncinya ada di SDM karena itu proses mutasinya harus baik dan parameternya jelas,” katanya.

Parameter ini menurutnya dipandu dengan adanya peraturan gubernur yang baru terkait pola karir dan tim penilai kinerja. Dengan sudah adanya pembenahan dan peraturan gubernur, kini pihaknya memiliki data base yang akurat sehingga peraturan gubernur tentang pola karir sudah bisa diterapkan. “Penerapan ini berbasis IT,” paparnya.

Menurutnya untuk staf yang akan naik menjadi eselon 4 harus memenuhi 5 persyaratan, sementara untuk eselon 4 ke eselon 3 ada 6 persyaratan yang ditetapkan. Mulai golongan, strata pendidikan, akan dan telah mengikuti diklat pimpinan, hingga kedisiplinan yang terkait dengan kinerja.

“Itu persyaratan, ada juga peer review dan kompetensi. Sehingga orang terbaik yang nantinya akan duduk di struktural. Ini demi Jabar Juara Lahir Batin dengan SDM yang mumpuni,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper