Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Kandidat PM Inggris Pengganti Theresa May

Para kandidat termasuk mantan menteri luar negeri Boris Johnson, penggantinya Jeremy Hunt, dan Menteri Lingkungan Michael Gove. Selain itu juga ada nama mantan menteri Brexit, Dominic Raab, Menteri Kesehatan Matt Hancock, dan Mendagri Sajid Javid.
Perdana Menteri Inggris Theresa May/Reuters
Perdana Menteri Inggris Theresa May/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak sepuluh kandidat dicalonkan dalam kontes politik untuk menggantikan Theresa May sebagai pemimpin Partai Konservatif sekaligus perdana menteri Inggris.

Para kandidat termasuk mantan menteri luar negeri Boris Johnson, penggantinya Jeremy Hunt, dan Menteri Lingkungan Michael Gove. Selain itu juga ada nama mantan menteri Brexit, Dominic Raab, Menteri Kesehatan Matt Hancock, dan Mendagri Sajid Javid seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (11/6).

Beberapa nama lainnya adalah Menteri Pembangunan Internasional Rory Stewart, mantan menteri Esther McVey, mantan pemimpin Majelis Tinggi Parlemen Andrea Leadsom dan anggota parlemen Partai Konservatif, Mark Harper.

Putaran pertama pemungutan suara di antara anggota parlemen Konservatif untuk memilih dua besar calon ketua partai akan digelar pada Kamis lusa. Kedua calon kemudian akan dintukan melalui pemungutan suara berikutnya sehingga pemenangnya akan menjadi perdana menteri Inggris pengganti May.

Salah satu isu yang menjadi perdebatan panas di kalangan politisi Inggris saat ini adaah persoalan rencana keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Serangan terhadap May terkait kesepakatan dengan Uni Eropa yang menemui jalan buntu membuatnya memilih untuk mengundurkan diri.

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt, mengatakan bahwa Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengindikasikan Uni Eropa akan bersedia untuk menegosiasikan kembali kesepakatan pemisahan diri Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Hunt mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Merkel. Pembicaraan saat peringatan D-Day tersebut menunjukkan bahwa mengubah perjanjian soal Brexit masih mungkin.

“Dia mengatakan bahwa tentu saja dengan perdana menteri baru Inggris kami ingin melihat solusi yang Anda miliki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper