Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Novel Bamukmin: Koalisi Pendukung Prabowo-Sandi Bukan hanya Partai Politik

Juru bicara Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin mengklaim Koalisi Indonesia Adil Makmur pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bukan hanya terdiri dari partai politik saja. Sebab, kata dia, dukungan juga melibatkan organisasi masyarakat, ulama dan majelis taklim.
Humas Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin/Antara
Humas Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin mengklaim Koalisi Indonesia Adil Makmur pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bukan hanya terdiri dari partai politik saja. Sebab, kata dia, dukungan juga melibatkan organisasi masyarakat, ulama dan majelis taklim.

“Kami tegaskan bahwa koalisi di 02 adalah koalisi keumatan berdasarkan hasil ijtima ulama pertama. Dan koalisi keumatan ini bukan partai-partai saja, tetapi juga melibatkan banyak ormas dan majelis taklim yang juga sangat banyak ulama,” tutur Novel saat dihubungi Senin (10/6/2019).

Sebelumnya Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik mencuitkan anjuran melalui akun Twitternya agar kedua kubu yang berkontestasi dalam pemilu presiden 2019 segera membubarkan koalisinya masing-masing. Menurut Rachland koalisi partai politik tidak relevan lagi karena hanya tinggal menunggu proses sengketa di Mahkamah Konstitusi. Sedangkan pemilu sendiri sudah usai.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo menimpali anjuran ini dan mengatakan bahwa koalisi tak dapat dibubarkan begitu saja. Perlu ada pembahasan dari semua pihak yang tergabung dalam koalisi, baik dari partai politik, atau pihak-pihak non-partai politik yang terlibat.

 “Koalisi itu bukan keputusan satu dua orang. Itu keputusan bersama, kesepakatan bersama. Jadi soal koalisi Prabowo-Sandi akan jalan terus atau tidak, etikanya ya harus dibahas bersama oleh semua parpol yang terlibat. Tentu membahasnya bersama Prabowo dan Sandi sebagai pimpinan koalisi,” ujar Drajad saat dihubungi, MInggu (9/6/2019).

Novel pun mengatakan PA 212 mempersilakan Partai Demokrat untuk keluar dari koalisi. Karena, menurutnya, tak pernah ada komunikasi yang terbangun antara Partai Demokrat dengan PA 212. “Demokrat sudah tidak ada di koalisi kami karena memang bikin ricuh saja dan kontribusi juga gak jelas,” ucap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper