Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG: Nias Diguncang Gempa 4,3 Magnitudo

Gempa tektonik yang terjadi di Pulau Nias tidak berpotensi tsunami. Gempa ini terjadi pada Jumat (7/6/2019) pukul 09:59 WIB, di wilayah Nias Utara diguncang gempabumi tektonik.

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatatkan gempa bumi kembali mengguncang Pulau Nias, Sumatra Utara dengan kekuatan 4,3 magnitudo.

Gempa tektonik yang terjadi di Pulau Nias tidak berpotensi tsunami. Gempa ini terjadi pada Jumat (7/6/2019) pukul 09:59 WIB, di wilayah Nias Utara diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M= 4,3 terletak pada koordinat 1.34 LU dan 97.13 BT berlokasi Di laut, 7 km Barat Laut Lahewa, Nias Utara, Sumatra Utara pada kedalaman 23 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra," tulis BMKG dalam keterangan resmi, Jumat (7/6/2019).

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

Guncangan gempabumi ini dirasakan oleh masyarakat di Kab. Nias Utara (SUMUT) II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper