Ancaman Perang Dagang, AS-Meksiko Setuju Lanjutkan Negosiasi

Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Meksiko setuju bertemu untuk melanjutkan negosiasi terkait dengan ancaman pengenaan tarif impor terhadap produk Meksiko ke AS.
Ancaman Perang Dagang, AS-Meksiko Setuju Lanjutkan Negosiasi Amanda Kusumawardhani | 06 Juni 2019 22:09 WIB
Ancaman Perang Dagang, AS-Meksiko Setuju Lanjutkan Negosiasi
Para imigran menyeberangi sungai di dekat proyek pembangunan tembok perbatasan antara El Paso dan Ciudad Juarez, Meksiko, Selasa (5/2/2019). - Reuters/Jose Luis Gonzalez

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Meksiko setuju bertemu untuk melanjutkan negosiasi terkait dengan ancaman pengenaan tarif impor terhadap produk Meksiko ke AS.

Kedua belah pihak setuju untuk melanjutkan pembicaraan yang akan dipimpin oleh Wakil Presiden AS Mike Pence pada Kamis (6/6/2019) waktu setempat.

Pertemuan antarstaf kedua negara dijadwalkan mulai pada pukul 02.00 PM (18.00 GMT) dengan pejabat Meksiko di Gedung Putih.

"Mereka harus terlibat aktif dalam negosiasi ini. Kita akan melihat apakah persoalan ini bisa diselesaikan," kata Presiden AS Donald Trump, dikutip dari Reuters, Kamis (6/6/2019).

Sebelumnya, Trump mengatakan Meksiko harus mampu membendung aliran imigran dari Amerika Tengah yang berusaha mencari suaka ke AS. Jika hal itu gagal dilakukan, maka AS akan mengenakan tarif impor sebesar 5% pada Senin mendatang.

Sejumlah analis menyebutkan jika ancaman itu menjadi kenyataan, maka ekonomi Meksiko akan terpukul sangat keras. Fitch, agensi pemeringkat utang, mengoreksi ke bawah peringkat utang Meksiko akibat peluang meningkatnya eskalasi politik perang dagang. Tak hanya itu, Moody juga mengubah outlook Meksiko menjadi negatif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perang dagang AS vs China

Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top