Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lalu lintas Trans Jawa: 275.160 Kendaraan Mudik Melintas di GT Kalikangkung

Selama tujuh hari atau pada periode H-7 sampai dengan H-1 Lebaran 2019 (29 Mei-4 Juni 2019), memperlihatkan tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa. Kondisi ini terindikasikan dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang merupakan gerbang tol utama untuk wilayah Jawa Tengah.
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019)./ANTARA-Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Selama tujuh hari atau pada periode H-7 sampai dengan H-1 Lebaran 2019 (29 Mei-4 Juni 2019), memperlihatkan tingginya antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa. Kondisi ini terindikasikan dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang merupakan gerbang tol utama untuk wilayah Jawa Tengah.

PT Jasamarga Semarang Batang mencatat volume lalu lintas yang masuk ke wilayah Jawa Tengah meningkat signifikan, yaitu sebesar 275.160 kendaraan.

Angka ini naik 174 persen dari Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) normal sebesar 100.523 kendaraan.

Gerbang Tol Kalikangkung menerima transaksi pengguna jalan yang berasal dari jalan tol sebelumnya, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, untuk menuju ke arah Kota Semarang maupun melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan sekitarnya.

Adapun puncak arus mudik lebaran 2019 di GT Kalikangkung terjadi pada H-4 (1 Juni 2019) dengan total lalu lintas sebanyak 52.533 kendaraan, yang naik sebesar 184 persen dari lalu lintas harian normal sebesar 18.516 kendaraan.

Sedangkan pada hari H perayaan Lebaran 2019, lalu lintas silaturahmi yang melewati GT Kalikangkung terpantau ramai lancar dengan jumlah kendaraan mencapai 33.819 kendaraan, meningkat 189 persen dari LHR normal sebanyak 11.699 kendaraan.

Sedangkan lalu lintas silaturahmi hari ini, H+2 perayaan Lebaran 2019, lalu lintas diprediksi masih meningkat sebesar 134 persen atau sebanyak 29.626 kendaraan dibandingkan LHR normal sebanyak 12.653 kendaraan.

Untuk meningkatkan kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT JSB memaksimalkan 22 Gardu Operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 Mobile Reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah tersebut.

Selain itu, PT JSB juga dengan diskresi Kepolisian melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, menempatkan petugas di lokasi-lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan, serta terus mensosialisasikan nomor call center PT JSB.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh Jalan Tol Trans Jawa untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper