Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap, Ada 250.000 Lebih Lowongan untuk CPNS usai Lebaran 2019!

Pengadaan CPNS 2019 diutamakan bagi satuan atau unit kerja yang pada pengadaan tahun lalu tidak mendapat alokasi tambahan pegawai.
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS./Antara-Muhammad Adimaja
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah bakal membuka lebih dari 250.000 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) usai Lebaran 2019. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 12/2019 tentang Kebutuhan Pegawai ASN Tahun Anggaran 2019, setidaknya ada 46.425 lowongan CPNS di tingkat pusat yang akan dibuka setelah Idulfitri. Kemudian, 207.748 jatah CPNS dibuka untuk pemerintah daerah.

Keputusan Menteri PANRB 12/2019 itu telah dijabarkan juga dalam Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tentang Pengadaan ASN Tahun 2019. Berdasarkan surat itu, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 bagi pemerintah daerah harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan prinsip zero growth.

“Kecuali untuk pemenuhan ASN bidang pelayanan dasar. Adapun usulan untuk jabatan pelaksana harus berpedoman pada peraturan Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2018 tentang nomenklatur Jabatan Pelaksana, dan untuk Jabatan Fungsional diprioritaskan pada jenjang ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jenjang pemula,” demikian bunyi surat tersebut seperti dikutip Bisnis dari laman resmi Kemenpan RB, Selasa (4/6/2019).

Kemenpan RB juga menyebut pengadaan CPNS 2019 akan diutamakan bagi satuan atau unit kerja yang pada pengadaan tahun lalu tidak mendapat alokasi tambahan pegawai.

“Selain itu, setiap instansi dapat mengusulkan kebutuhan jabatan fungsional yang dapat diisi dari Pendaftaran Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan memberi kesempatan kepada pegawai non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus-menerus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” tulis Kemenpan RB dalam situs resminya.

Hingga kini, belum ada informasi lanjutan mengenai di posisi dan instansi mana saja lowongan CPNS 2019 akan dibuka. Publik dijanjikan bisa mengetahui detail lowongan CPNS seusai Idulfitri, seperti ditulis akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Jumat (31/5).

“#SobatBKN, sebelum cuti bersama, mimin bagi info berdasar Kepmen PANRB 12/2019: Alokasi #CPNS2019 u/ pusat 46.425 & daerah 207.748. Kapan, di mana, siapa, tunggu cuti bersama berakhir,” bunyi twit BKN yang dimaksud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper