Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Hari ini, Umat Islam Kaitetu Ambon Ziarah Kubur Usai Shalat Id

Umat muslim di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin, melakukan ziarah kubur seusai sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah Senin (3/6/2019).
 Masjid tua Wapauwe di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. /ANTARA
Masjid tua Wapauwe di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. /ANTARA

Bisnis.com, AMBON - Umat muslim di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin, melakukan ziarah kubur seusai sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah Senin (3/6/2019).

Umumnya aktivitas perayaan Idulfitri di Maluku dimulai dengan aktivitas silaturahmi usai melaksanakan shalat Id. Hal ini tampak berbeda di Desa Kaitetu.

Umat muslim setempat mulai berbondong-bondong mengunjungi komplek pemakaman yang berada di belakang kampung, begitu seusai melaksanakan shalat sunnah Idulfitri yang dipusatkan di Masjid Jami Hena Lua pagi tadi.

Menziarahi kubur usai melaksanakan shalat Id merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan umat muslim Kaitetu setiap hari raya Idul Fitri. Mereka menziarahi makam anggota keluarga dan para kerabat untuk membacakan surat Al Fatihah dan Yassin.

Aktivitas ini dimaknai oleh warga setempat sebagai bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang telah meninggal dunia.

Menurut seorang warga Kaitetu, Amina Laisouw (27), Idulfitri adalah momen untuk bersilaturahmi bukan hanya dengan mereka yang masih hidup, tapi juga yang telah tiada. Karena itu, tradisi ziarah kubur usai shalat Id selalu rutin dilakukan.

Tradisi ini, kata dia, telah dilakukan oleh umat muslim di Kaitetu semenjak zaman leluhur mereka.

"Kami berziarah untuk bersilaturahmi dan berbagi kegembiraan Idulfitri dengan keluarga yang telah meninggal dunia, mengirimkan doa kepada mereka agar dilapangkan lagi kuburnya," katanya.

Kaitetu merupakan satu dari 11 kampung berpenduduk muslim suni di Kecamatan Leihitu. Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 3.000-an jiwa itu melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadan 1440 Hijriyah pada 4 Mei 2019 dan merayakan Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriyah pada 3 Juni 2019.

Selain terkenal dengan Masjid kuno Wapauwe yang dibangun pada 1414, Desa ini juga mempunyai gereja tertua di Pulau Ambon, yakni Gereja Immanuel yang dibangun sekitar tahun 1780 - 1781 di bawah pemerintah Eillem Beth Iacobs, kepala comtoire Hila pada masa pemerintahan Gubernur Hindia-Belanda Bernardus van Pleuren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper