Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Idulfitri Sore Ini

Penentuan awal Bulan Syawal 1440 Hijriah yang juga Hari Raya Idulfitri akan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag), Senin (3/6/2019) sore nanti.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  06:15 WIB
Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Idulfitri Sore Ini
Petugas melakukan rukyatul hilal di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penentuan awal Bulan Syawal 1440 Hijriah yang juga Hari Raya Idulfitri akan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag), Senin (3/6/2019) sore nanti.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan sidang isbat atau penentuan Hari Raya Idulfitri, akan digelar mulai pukul 17.00 WIB. Sidang itu rencananya digelar di kantor Kemenag.

“Iya, hari ini (Senin) Isbat mulai pukul 17.00 WIB,” ujar Amin kepada Bisnis.

Sidang isbat rencananya akan dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, Sidang Isbat juga hendak dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelum Sidang Isbat digelar, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriyah akan tiba pada Rabu nanti.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan, penentuan 1 Syawal itu berdasarkan pada hisab hakiki yang sudah dijadikan pedoman oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

“Berdasarkan hisab hakiki sudah menjadi rujukan bahkan dengan hisab kita bisa memprediksi tanggal hijriah khususnya dalam menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha hingga puluhan tahun ke depan,” kata Haedar, Kamis (30/5), seperti dikutip dari Temp.co

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
idulfitri

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup