Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Total Ambil Alih Bisnis LNG Toshiba di Texas

Toshiba Corp. akan mengalihkan haknya dalam memproses gas alam di proyek Freeport LNG di Texas, AS, ke perusahaan migas asal Perancis Total SA.
Logo Total di Marseille, 11 Februari 2015. /REUTERS
Logo Total di Marseille, 11 Februari 2015. /REUTERS

Bisnis.comJAKARTA—Toshiba Corp. akan mengalihkan haknya dalam memproses gas alam di proyek Freeport LNG di Texas, AS, ke perusahaan migas asal Perancis Total SA.

Hal itu disampaikan oleh Toshiba dalam keterangan resmi pada Sabtu (1/6/2019).

“Toshiba akan membayar US$815 juta ke Total untuk mengalihkan hak pencairan gas alam (liquefaction rights) dan kesepakatan ini diharapkan rampung pada Maret 2020,” tulis Toshiba, seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (1/6/2019).

Sebagai tambahan, Total juga akan memberikan US$15 juta kepada Toshiba dalam pengambilalihan bisnis LNG Toshiba di AS tersebut sebagai bentuk komitmennya.

Toshiba pun memiliki kewajiban untuk membayar nilai yang disepakati terlepas dari keputusan perseroan untuk menjual atau tidak bisnis LNG tersebut. Perusahaan asal Jepang itu diperkirakan bakal menghadapi rugi miliaran dolar AS ketika kontrak tersebut dimulai pada 2020.

Sebelumnya, Toshiba telah mencari jalan untuk menjual haknya di dalam proyek pencairan gas Freeport LNG itu setelah kesepakatan dengan ENN Group gagal mendapat persetujuan dari direksi perusahaan asal China tersebut.

Sementara bagi Total, kesepakatan ini merupakan yang terbaru dari upaya perseroan untuk menjadi pemain LNG terbesar di dunia.

Pada 2017, Total telah mendapatkan kesepakatan senilai US$1,5 miliar dari Engie SA yang di dalamnya juga termasuk proyek Cameron LNC. 

Selain itu, Total meningkatkan investasi perseroan di Tellurian Inc. dan ventura Driftwood LNG hingga hampir US$1 miliar pada April dan sepakat untuk mengambil alih saham Anadarko Petroleum Corp. dalam proyek ekspor di Mozambik.

Sementara itu, target Toshiba untuk keluar dari bisnis LNG dengan memfinalisasi transfer haknya di Freeport LNG akan membuat perseroan mendapat writedown senilai 93 miliar yen (US$859 juta). Adapun kesepakatan pada 2013 telah memberikan Toshiba hak untuk mencairkan gas alam AS sebanyak 2,2 juta ton per tahun selama 20 tahun sejak awal 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper