Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu AS Pompeo Tuduh Iran Serang Tanker Minyak untuk Naikkan Harga Minyak Dunia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak di kawasan Teluk beberapa waktu lalu. Dia menuduh bahwa serangan tersebut merupakan upaya Teheran untuk menaikkan harga minyak dunia.
Mike Pompeo/reuters
Mike Pompeo/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak di kawasan Teluk beberapa waktu lalu. Dia menuduh bahwa serangan tersebut merupakan upaya Teheran untuk menaikkan harga minyak dunia.

"Ini adalah upaya Iran untuk menaikkan harga minyak mentah di seluruh dunia," kata Pompeo dikutip dari Reuters, Jumat (31/5/2019).

Dia mengklaim bahwa dirinya telah melihat bukti keterlibatan Iran, merujuk pernyataan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton sebelumnya.

Pada Kamis (30/5/2019), saat kunjungannya ke London, Bolton mengatakan, bukti bahwa Iran berada di belakang serangan tanker akan disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB pekan depan.

“Oh, ya. Duta Besar Bolton melakukannya dengan benar," kata Pompeo ketika ditanya apakah dia telah melihat buktinya.

Sementara itu, para pemimpin Arab bertemu di kota Mekah, Saudi untuk membahas serangan pesawat tak berawak pada instalasi minyak di Arab Saudi dan serangan terhadap empat kapal, termasuk dua kapal tanker Saudi di lepas pantai Uni Emirat Arab awal bulan ini.

Teheran telah membantah pihaknya terlibat atas serangan tersebut.

Utusan AS untuk Iran Brian Hook pada Kamis (30/5) memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan merespons dengan kekuatan militer jika kepentingannya diserang oleh Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper