Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Puncak Mudik, Daop 2 Optimalkan Posko Angkutan Lebaran 2019

Jelang puncak arus mudik di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2, utamanya pada kereta utama yakni Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi Jarak Jauh yang diperkirakan terjadi pada H-5, Kamis (31/05), Daop 2 Bandung mengoptimalkan Posko Angkutan Lebaran 2019.
Pemudik Kereta Api. /Antara
Pemudik Kereta Api. /Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Jelang puncak arus mudik di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2, utamanya pada kereta utama yakni Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi Jarak Jauh yang diperkirakan terjadi pada H-5, Jumat (31/05), Daop 2 Bandung mengoptimalkan Posko Angkutan Lebaran 2019.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Noxy Citrea, mengatakan Posko Angkutan Lebaran akan dilaksanakan selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei 2019 sampai dengan tanggal 16 Juni 2019.

“Ada beberapa posko yang disiapkan PT KAI Daop 2 untuk melayani penumpang yang akan mudik menggunakan kereta api seperti Posko Operasi, Posko Pelayanan, Posko Data, Posko Humas, Posko Kesehatan dan posko pengamanan dimana Daop 2 mendapat 106 personil tambahan dari TNI dan Polri,” kata Noxy, Rabu (29/5).

Noxy menyebut, tahun ini diprediksi akan ada 1.156.060 penumpang kereta dari Daop 2 atau mengalami peningkatan sekitar 6% dibanding tahun 2018 yang mencapai 1.080.527 penumpang. Adapun kapasitas harian sekitar 53.108 penumpang.

Memasuki hari ketiga Masa Posko Angkutan Lebaran (28/05), secara kumulatif Daop 2 telah mengangkut sebanyak 182.995 penumpang atau mengalami peningkatan 27% dibanding pada masa yang sama tahun 2018 dengan jumlah 144.029 penumpang.

Adapun pemesanan tiket kereta untuk mudik tingkat keterisiannya sudah mencapai sekitar 80%. Secara keseluruhan, tingkat keterisian kereta untuk angkutan Lebaran 2019 sudah mencapai sekitar 80% .

“Artinya masih ada seat yang tersedia baik di KA Reguler maupun di KA Tambahan. Namun untuk kereta ekonomi jarak jauh seperti KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar, okupansinya sudah 100%, begitupun untuk KA Pasundan Lebaran,” jelas Noxy.

Namun menurutnya, masih ada juga seat yang tersedia untuk tanggal-tangal tertentu sepeti pada KA Lodaya, Argo Wilis, Turangga, Harina, Ciremai, Malabar, Mutiara Selatan, Kutojaya Selatan dan KA Lodaya Lebaran serta Kutojaya Lebaran.

Noxy berharap agar masyarakat mengatur jadwal keberangkatan dan segera melakukan pemesanan hingga mudik bersama keluarga akan lancar.

Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online di wesite kai.id, melalui aplikasi KAI Access yang dapat diunduh di smartphone, atau di chanel eksternal yang sudah bekerjasama dengan PT KAI.

Untuk meningkatkan pelayanan selama bulan Ramadan, PT KAI juga menggelar program pemberian takjil gratis kepada penumpang di stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA (kecuali KA Lokal) baik ka eksekutif, bisnis dan ekonomi.

Kegiatan ini berlangsung pada sepuluh hari terakhir bulan puasa mulai tanggal 26 Mei sampai 4 Juni 2019.

Pada tahun lalu pembagian hidangan puasa ini berjalan sukses dan menuai banyak tanggapan positif dari penumpang.

“Oleh sebab itu sebagai bentuk pelayanan, PT KAI melanjutkan program tersebut supaya penumpang tidak repot-repot mencari dan menyiapkan buka atau sahur saat perjalanan,” pungkas Noxy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper