Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Bersepatu Sehat saat Perjalanan Mudik

Sepatu dapat menjadi alas kaki yang nyaman, tapi juga dapat menjadi hambatan. Nyaman ketika dipakai berjalan atau menyetir, namun menyusahkan saat bersandang ke rumah-rumah kerabat. Maka dari itu, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Asprisindo) menyusun beberapa tips bagi masyarakat yang mudik ke kampung halamannya.
Sepatu bot/istimewa
Sepatu bot/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sepatu dapat menjadi alas kaki yang nyaman, tapi juga dapat menjadi hambatan. Nyaman ketika dipakai berjalan atau menyetir, namun menyusahkan saat bersandang ke rumah-rumah kerabat. Maka dari itu, Asosiasi Persepatuan Indonesia (Asprisindo) menyusun beberapa tips bagi masyarakat yang mudik ke kampung halamannya.

Direktur Eksekutif Asprisindo Firman Bakrie setidaknya menyusun tiga tips dalam memilih sepatu ketika mudik.

Menurutnya, jenis sepatu apapun yang dipakai, sebaiknya pakai produksi lokal. Pasalnya, lanjutnya, momentum lebaran kali ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan industri nasional.

"Kalau saya, pertama harus melihat ada labelnya. Beli yang made in Indonesia, kemudian pilihlah sepatu yang nyaman," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (29/5/2019)

Pertama, pilih sepatu yang tidak memiliki sol yang tebal dan tidak licin bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Firman mengaku akan mudik menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan spesifikasi jenis tersebut "sehingga telapak kaki tidak cepat lelah."

Kedua, bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum, Firman menyarankan untuk menggunakan sepatu sneakers. Terakhir, gunakanlah sepatu tak bertali ketika bersilahturahmi.

Pasalnya, ujarnya, sepatu tanpa tali lebih mudah dilepas dan dipasang kembali. Hak tersebut akan berguna mengingat budaya masyarakat domestik yang harus melepas sepatu ketika masuk ke dalam rumah.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper