Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabinet Jokowi-Amin: Golkar Minta 5 Kursi Menteri, PKB 10 Kursi

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono, berharap mendapat jatah lima kursi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin.
Agung Laksono/Antara
Agung Laksono/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono, berharap mendapat jatah lima kursi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Menurut Agung, harapan itu wajar karena Golkar merupakan partai pemenang ketiga dalam pemilihan legislatif dan juga partai runner-up alias pemilik kursi terbanyak kedua di parlemen.

"Saya kira wajar kami minta empat atau lima kursi, tak perlu 10 kursi seperti PKB," ujar Agung Laksono sambil tertawa di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (27/5/2019).

Agung juga menyebut nama kandidat bakal calon menteri, dua di antaranya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. Tiga nama lainnya yang beredar dari dewan pakar, kata Agung, adalah Ilham Habibie, Ganjar Razuni, dan Ponco Sutowo.

"Tapi ini tidak masuk ke keputusan rapat pleno hari ini. Soal menteri kan sepenuhnya kan kami serahkan ke DPP, kami hanya mengusulkan. Nanti DPP yang akan menyampaikan kepada presiden," kata Agung Laksono.

Setelah itu pun, kata Agung, Golkar menyerahkan keputusan sepenuhnya urusan portofolio kepada Jokowi.

"Kami hanya ingin menyampaikan bahwa kami tak pernah kekurangan kader berkualitas di Partai Golkar," ujar Agung Laksono.

Partai di koalisi Jokowi memang sudah secara terang-terangan meminta jatah kursi di kabinet. PKB, misalnya, berharap mendapat sepuluh kursi di DPR. Selain itu, PPP pun tak segan-segan meminta jatah menteri lebih banyak ketimbang kabinet periode 2014-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper