Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan MUI untuk Malam Lailatul Qodar

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi berpesan kepada umat Islam agar benar-benar memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadan di mana terdapat malam Lailatul Qodar yang menjadi salah satu keutamaan bulan puasa.
Ilustrasi/REUTERS-Navesh Chitrakar
Ilustrasi/REUTERS-Navesh Chitrakar

Bisnis.com, JAKARTA  - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi berpesan kepada umat Islam agar benar-benar memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadan di mana terdapat malam Lailatul Qodar yang menjadi salah satu keutamaan bulan puasa.

"Sebaiknya umat Islam memanfaatkan momentum yang sangat mulia ini dengan memperbanyak membaca zikir, mendekatkan diri kepada Allah dan tentunya kita semua berharap kita bisa mendapatkan malam kemuliaan Lailatul Qodar," kata Zainut di Jakarta, Senin( 27/5/2019).

Dia mengatakan 10 hari terakhir puasa merupakan puncak dari ibadah bulan puasa dengan keutamaan yang lebih baik dari malam seribu bulan atau sekitar 83 tahun sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat Islam.

Malam Lailatul Qodar, kata dia, merupakan keistimewaan untuk umat Nabi Muhammad  SAW dan tidak diberikan kepada umat-umat nabi yang lain.

Sehingga, lanjut dia, meskipun umat Nabi Muhammad memiliki usia yang kebanyakan tidak pendek, tapi dengan kelipatan pahala yang diberikan Allah yang lebih baik dari seribu bulan itu akan menjadikan kualitas usia umat Rasulullah SAW lebih baik.

"Saya kira itu sangat tinggi nilai kemuliaannya sehingga diharapkan kita semuanya bisa memanfaatkan semacam hadiah besar dari Allah kepada umat Islam," kata dia.

Dikatakan, dari banyak riwayat disebutkan Lailatul  Qodar turun pada 10 hari terakhir puasa. Bahkan sebagian ulama berpendapat keutamaan itu akan didapatkan pada hari ganjil 10 hari terakhir Ramadan. Terdapat juga yang berpendapat Lailatul Qodar bisa didapat pada hari 27 atau 29 Ramadan.

"Tapi ini semuanya saya kira agar kita menjaga pada malam-malam itu. Itu kan semua rahasia Allah," kata dia.

Zainut mengatakan terdapat sejumlah cara agar Lailatul Qodar itu bisa didapat oleh umat Islam seperti memperbanyak ibadah, baik wajib maupun sunah.

"Kita perbanyak baca Alquran dan ibadah-badah lainnya yang kita mampu, termasuk ibadah sosial," kata dia.

Ada beberapa ciri seseorang mendapatkan Lailatul Qodar seperti seorang muslim mendapatkan ketenangan, kedamaian, ketenangan dan keteguhan baik malam dan siangnya.

"Karena pada malam itu malaikat turun untuk menyampaikan salam perdamaian mendoakan kepada umat manusia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper