Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Luncurkan Program Mudik Gratis bagi 12 Ribu Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dinas Perhubungan meluncurkan program mudik gratis bernama Salembur alias sasarengan mudik ka lembur.
Uu Ruzhanul Ulum
Uu Ruzhanul Ulum

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dinas Perhubungan meluncurkan program mudik gratis bernama Salembur alias sasarengan mudik ka lembur.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Program Salembur merupakan integrasi kegiatan mudik gratis bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh berbagai pihak se-Jawa Barat.

“Pada tahun ini terdapat 16 instansi pemerintah dan BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis,” katanya dalam Apel Siaga Gelar Pasukan Lebaran 2019 di Gedung Sate, Bandung, Senin (27/5/2019) sore.

Uu mengatakan tahun ini ada sekitar 12.813 pemudik di Jawa Barat yang dilayani oleh program tersebut. Para pemudik ini rencananya akan berangkat menggunakan 108 armada bus. 

Kemudian sekitar 5.100 pemudik akan menggunakan kereta api karena dilayani program mudik bagi 300 tiket. “Tiket kereta api bagi sekitar 5.100 pemudik yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Mengutip data Balitbang Kementerian Perhubungan pada 2019 ini diperkirakan sekitar 18,29 juta orang yang akan mudik lebaran secara nasional. “Dan sekitar 3,7 juta orang diantaranya diprediksi akan mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat,” ujarnya.

Menurutnya selain sebagai daerah tujuan mudik, Jawa Barat juga merupakan daerah lintasan pergerakan lalu lintas dan angkutan, baik untuk arus mudik maupun arus Uu mengajak kepada seluruh stakeholder perhubungan di Jawa Barat untuk berupaya maksimal dalam rangka membantu, mengatur dan mengamankan pergerakan arus mudik maupun arus balik.

“Sehingga para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, tertib dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper