Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akademisi : Prabowo Sedang Merawat Pendukung Demi Kompetisi ke Depan

Polarisasi yang sedang berlangsung saat ini memang sengaja dijaga dan dikonsolidasikan secara masif.
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri aksi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri aksi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, KUPANG – Akademisi dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Raja Muda Bataona, MA menilai, paslon 02 Prabowo Subianto sedang memainkan langkah, untuk menjaga dan merawat massa pendukung untuk kepentingan kontestasi elektoral ke depan.

"Saya melihat, polarisasi yang sedang berlangsung saat ini memang sengaja dijaga dan dikonsolidasikan secara masif, agar massa paslon 02 yang jumlahnya sekitar 44 persen dari 154 juta pemilih itu, tetap terjaga dan dirawat militansinya demi kepentingan kontestasi elektoral ke depan," kata Mikhael Bataona kepada Antara di Kupang, Jumat (24/5/2019).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan situasi politik dan keamanan pascapengumuman hasil Pemilu serentak 2019, dan sikap Prabowo yang mendua dalam mengajukan sengketa hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Latarbelang lain adalah, kemungkinan saja keterbelahan hari ini polanya akan dirawat semirip mungkin, atau bahkan lebih kuat lagi seperti konsolidasi elektoral pascaPilpres 2014 silam, lalu memuncak pada Pilgub DKI Jakarta, di mana simbolisasi cebong versus kampret menjadi narasi dan wacana paling dominan di ruang-ruang publik, baik virtual maupun fisik.

Problem Laten

Mengenai latarbelakang, dia mengatakan masalah ideologi, pandangan politik, juga semacam pengaruh kultur dan latar belakang sejarah, yang tidak bisa dijelaskan hanya dalam satu dua pernyataan hipotetis semata.

Menurut dia, butuh kajian-kajian ilmiah yang menyeluruh untuk bisa menyingkap hal ini.

Sebab, sejak pemilu tahun 1955, sebenarnya Indonesia sudah terbelah ke dalam banyak sekali ceruk aliran politik, sehingga keterbelahan bangsa hari ini, tidak datang sekonyong-konyong dari langit.

Tapi sudah ada benih-benuh kulutralnya, bahkan landasan epistemik yang sudah lama mengendap dalam kesadaran rakyat. Sehingga Paslon 02 versus paslon 01 hanyalah saluran yang digunakan untuk mengekspresikan kesadaran politik yang telah lama mengendap itu.

Bahwa ada juga masyarakat yang tidak masuk ke dalam kelompok-kelompok politik aliran tersebut adalah benar, tetapi yang terbaca hari ini adalah ekspresi identitas masing-masing kelompok itu yang kalau dalam bahasa politik, kebanyakan menggunakan alasan-alasan identitas terutama agama dan latar belakang sejarah.

Akhirnya Prabowo maupun Jokowi dalam posisi sangat sulit untuk mengeluarkan diri mereka dari belenggu pertarungan massa rakyat dan terutama elit yang sejak 2014 sudah aktif terlibat dalam pertarungan politik identitas.

"Jadi berharap bahwa Prabowo akan mengakui kekalahan itu sulit. Secara simbolik bisa saja iya. Tapi secara real akan adanya rekonsiliasi hingga ke akar rumput itu saya kira sangat sulit," katanya.

Persoalannya adalah kata dia, kelompok kanan dan kelompok tengah atau nasionalis di negeri ini masih menjadi dua pemain utama dalam pertarungan politik sejak tahun 1955.

"Butuh waktu untuk mencapai apa yang terjadi di Eropa misalnya yang sudah cukup liberal dan inklusif dalam politik," katanya.

Apalagi saat ini Kapolri sudah membentuk tim investigasi yang dipimpin Irwasum untuk mengetahui apa penyebab jatuhnya korban atau sampai adanya kematian para perusuh dari massa perusuh yang ikut mengacaukan demo kemarin.

Situasinya akan tetap menegangkan karena alat negara dicurigai dan bahkan lembaga negara termasuk penyelenggara pemilu sepertinya didelegitimasi secara sistematis dengan narasi-nerasi politik yang memojokkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper