Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arifin Ilham Beberapa Kali Isyaratkan Waktunya Sudah Dekat

beberapa kali lewat akun Instagramnya, @kh_m_arifin_ilham, ia mengunggah persiapannya berpisah dengan keluarga tercinta.
Ustaz Arifin Ilham/Instagram @alvin_411
Ustaz Arifin Ilham/Instagram @alvin_411

Bisnis.com, JAKARTA – Ustad Arifin Ilham menghembuskan napas terakhirnya  pada Rabu malam, 22 Mei 2019, setelah berjuang melawan sakit kanker getah bening. Sebelumnya, Arifin Ilham sudah sering merasakan waktunya di dunia tak lama lagi akan berakhir.

Seperti dilansir Tempo.co, beberapa kali lewat akun Instagramnya, @kh_m_arifin_ilham, ia mengunggah persiapannya berpisah dengan keluarga tercinta. Pada 29 April, misalnya, pendiri Pondok Pesantren Az Zikra ini menjelaskan hakikat sakit lewat rekaman video.

Menurutnya, sakit sebenarnya rahmat Tuhan kepada makhluk-Nya. “Allah berikan pahala yang tidak terhingga, sakit ampunan dosa maghfirah. Sakit menjadi pintu silaturahmi yang membuat keluarga dan sahabat berdatangan. Doa sakit itu sangat mustajab. Tidak ada persiapan terbaik selain dalam keadaan sakit untuk menghadap Allah. Semoga kita husnul khatimah,” katanya dalam video itu.

Ia melengkapi penjelasannya pada video itu berupa wasiat jika ia meninggal. Arifin Ilham ingin disalatkan dua kali. Pertama, Arifin Ilham berwasiat agar jenazahnya disalatkan di Masjid Az Zikra Sentul. Selanjutnya jenazah dibawa ke Masjid Az Zikra di Gunung Sindur. “Kuburan di samping Masjid Gunung Sindur yang telah Arifin siapkan dengan kain kafannya,” tulisnya.

Selang dua hari kemudian, pada 1 Mei 2019, Arifin Ilham mengunggah video berpelukan erat dengan istri pertamanya, Yuni Djamaluddin Waly, mengisyaratkan hendak berpamitan.

Berkali-kali dalam video itu, ia menenangkan Yuni yang menyeka air matanya. Arifin Ilham terlihat terus memeluknya dan mengusap-usap dan menepuk punggungnya menghibur istrinya.

Pada penjelasan video yang mengharukan itu, Arifin llham menuliskan,” SubhanAllah saat ratu bidadari menangis melihat keadaan imamnya, mendengar wasiat dsan bahwa kematian janganlah ditakuti, karena mati adalah liqoouhu, jalah satu-satunya berjumpa dengan Allah yang kita sangat cinta rindu beribadah taat kepadanya.”

“SubhanAllah dia nangis walau abang masih ada infus abang beranjak untuk memeluknya. InsyaAllah kita dikumpulkan bersama umat Rasulullah. Terputus karena yang pegang kamera menangis.”

Pada 12 Mei 2019, Arifin Ilham mengunggah foto sedang mengajarkan mengaji kepada anak keduanya, Ameer Azzikra. “SubhanAllah walhamdulillah walau abinya sakit tetap mengajarkan anaknya. Sebab umur kita tidak sepanjang berjuangan fisabilillah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper