Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pemilu Diumumkan, Ganjar : Tidak Perlu Lagi Ada Aksi 22 Mei

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara pada pemilu tahun 2019 pada Selasa (21/5/2019) dinihari.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara pada pemilu tahun 2019 pada Selasa (21/5/2019) dinihari.

Hasil rekapitulasi KPU, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan perolehan suara 85.607.362 atau 55,5 persen sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 atau 44,5 persen.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah KPU yang telah mengumumkan hasil perolehan suara pada Pilpres 2019. Menurutnya, langkah itu sangat tepat untuk menghindari terjadinya konflik di masyarakat.

"Saya kira, dugaan saya akan ada perubahan yang signifikan karena KPU memajukan pengumuman. Dengan posisi 55,5 persen dibanding 45,5 persen, maka sebenarnya sudah jelas posisi suara yang ada," kata Ganjar Selasa (21/5/2019).

Ganjar mengatakan, dengan diketahuinya hasil pemilihan umum lebih awal tersebut, maka tidak ada alasan lagi bagi masyarakat menggelar aksi pada 22 Mei pada Rabu besok.

"Buat apa aksi, kan sudah ketahuan hasilnya. Dugaan saya, orang akan berpikir ulang untuk melakukan cerita-cerita yang menyeramkan bagi masyarakat," terangnya.

Sebenarnya lanjut dia, yang ditunggu saat ini adalah statement para elite politik terhadap hasil rekapitulasi KPU tersebut. Meski begitu, kata Ganjar,  pihak keamanan tetap akan berjaga-jaga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Syukur-syukur siang ini para elite saling berstatement yang menenangkan dan menentramkan semuanya, sehingga tidak perlu lagi ada gerakan yang lain yang dapat meretakkan persatuan," tegasnya.

Disinggung terkait kondisi Jawa Tengah, Ganjar menegaskan bahwa sampai saat ini situasi masyarakat Jateng masih kondusif.

"Jateng sampai tadi malam tidak ada yang ramai-ramai. Tidak ada pengerahan masa ke Jakarta, Semarang ndak ada, Solo ada 6 orang. Memang kita tidak bisa menghalangi, namun saya kira masyarakat di Jateng sudah sadar," jelasnya.

Di Jawa Tengah lanjut Ganjar juga tidak ada keramaian dan keributan berarti. Di berbagai daerah, situasi dan kondisi semuanya aman. "Mungkin ini karena berkah puasa, jadi banyak yang bisa menahan diri, dan itu menyenangkan buat kita," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper