Begini Urutan Pembayaran THR dan Gaji Ke-13 bagi Pensiunan TNI dan Polri

PT Asabri akan menyalurkan Rp2 triliun untuk Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 bagi para pensiunan TNI dan Polri, serta untuk Aparatur Sipil Negara dalam lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian RI.
Anggara Pernando | 17 Mei 2019 19:25 WIB
Gedung Asabri - Ilustrasi/asabri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 akan diterima PNS, anggota TNI dan Polri serta para pensiunan atau purnawirawan. 

PT Asabri akan menyalurkan Rp2 triliun untuk Tunjangan Hari Raya dan gaji ke-13 bagi para pensiunan TNI dan Polri, serta untuk Aparatur Sipil Negara dalam lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian RI.

Direktur Keuangan Asabri Hari Setianto menuturkan pencairan pendapatan tambahan bagi anggota Asabri akan dibagi dalam beberapa tahap pencairan.

"THR akan dibayarkan tanggal 24 Mei [2019]," kata Hari.

Selanjutnya perusahaan akan membayarkan gaji Juni seperti jadwal biasa yakni pada tanggal 1. "Gaji ke-13 dibayarkan awal Juli, hampir berbarengan Gaji pensiun bulan Juli," urai Hari.

Aturan mengenai pemberian THR dan gaji ke-13 bagi PNS, TNI, dan Polri tercantum dalam PP Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Menurut Presiden Joko Widodo, pemberian THR dan gaji ke-13 tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan TNI dan Polri.

"Tahun lalu tunjangan kinerja sudah naik, anggaran operasional Babinsa [Bintara Pembina Desa] sudah naik. Tahun ini gaji naik 5 persen," ujarnya.

Jokowi mengakui bahwa kenaikan gaji sebanyak 5 persen memang tergolong kecil karena menyesuaikan dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia.

"Memang baru [naik] 5 persen karena ekonomi yang kita harapkan meningkat secara tajam masih terkendala penurunan pertumbuhan ekonomi global," kata Jokowi.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asabri

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup