19 Artis Berebut Kursi DPR, hanya 2 Orang yang Lolos

Sebelum Pemilu 2019 digelar atau tepatnya saat musim kampanye, belasan artis nasional nyaris tiap akhir pekan datang ke Jawa Timur.
Newswire | 17 Mei 2019 07:53 WIB
Calon anggota legislatif Krisdayanti (kanan) bersama kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) melakukan senam bersama saat peringatan HUT ke-46 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1/2019). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum Pemilu 2019 digelar atau tepatnya saat musim kampanye, belasan artis nasional nyaris tiap akhir pekan datang ke Jawa Timur.

Bukan promosi lagu atau judul film terbarunya, mereka datang untuk berkampanye dan berupaya menarik simpati rakyat agar saat pemilu bisa memilihnya.

Ya, mereka adalah artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan maju sebagai calon wakil rakyat di DPR RI.

Berbagai cara dilakukan, mulai blusukan kampung, keluar masuk pasar, seminar dan diskusi, bagi-bagi bunga di jalan maupun di pusat perbelanjaan hingga meluangkan waktunya untuk sekadar foto bersama dilaluinya tanpa mengeluh.

Bahkan, sebagai wujud kepedulian dan keseriusan, terdapat artis yang membuka bimbingan belajar, bahkan mengontrak rumah di daerah pemilihannya maju.

Seperti yang dilakukan Elma Theana, artis caleg asal Partai NasDem yang maju melalui daerah pemilihan Jawa Timur X (Kabupaten Gresik dan Lamongan).

Elma yang merupakan pesinetron dan bintang iklan tersebut mengontrak rumah dan tinggal di Kabupaten Lamongan selama beberapa bulan mulai Januari 2019.

"Di sana saya bisa fokus ke masyarakat, baik di Lamongan maupun Gresik. Saya siap menerima aspirasi, lalu memberikan solusi dan merealisasikannya jika terpilih kelak," ujar pemeran ibunda Madun pada sinetron "Tendangan Si Madun" tersebut.

Sayangnya, caleg nomor urut 6 itu harus mengubur impiannya mewakili rakyat Gresik dan Lamongan karena hanya meraup 2.822 suara sehingga tak cukup untuk melanggengkan niatnya ke "Senayan".

Selain Elma Theana, caleg-caleg artis yang bertarung di dapil Jatim lainnya nyaris gagal, kecuali dua nama, yaitu penyanyi terkenal Krisdayanti dan model senior Arzeti Bilbina.

Krisdayanti yang maju melalui PDI Perjuangan menjadi calon anggota legislatif peraih suara terbanyak di seluruh daftar caleg daerah pemilihan Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu dengan raihan 132.131 suara.

Sedangkan, Arzeti Bilbina yang maju lewat PKB dari daerah pemilihan Jawa Timur I (Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo) sukses kembali ke parlemen setelah meraih 53.185 suara.

Nama Arzeti Bilbina merupakan caleg petahana setelah pada periode 2014-2019 dinyatakan sah sebagai anggota DPR RI karena menggantikan Imam Nahrawi yang ditunjuk Presiden sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

 

Sumber : Antara

Tag : Pemilu 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top