China Janji Merespons Jika AS Kenakan Tarif Seluruh Impor

Pemerintah China berjanji akan menanggapi rencana Amerika Serikat untuk menetapkan tarif atas seluruh barang impor China.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  16:43 WIB
China Janji Merespons Jika AS Kenakan Tarif Seluruh Impor
Perang dagang AS-China - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah China berjanji akan menanggapi rencana Amerika Serikat untuk menetapkan tarif atas seluruh barang impor China.

"Penindasan AS dan penerapan tekanan ekstrem bertentangan dengan aturan perdagangan multilateral," kata Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng di Beijing, Kamis (16/5/2019), seperti dikutip Bloomberg.

“Chinasangat menentang praktik semacam itu. Jika AS tetap melakukannya, China terpakasa mengambil tindakan yang diperlukan,” lanjutnya.

Sejak pembicaraan perdagangan di Washington berakhir tanpa kemajuan pekan lalu, kedua belah pihak telah meningkatkan retorika dan ancaman mereka, dengan AS mengumumkan rencana untuk menerapkan tarif terhadap impor senilai US$300 miliar yang belum dikenakan tarif sebelumnya.

Sementara itu, China mengatakan tidak akan ada kesepakatan tanpa penghapusan semua tarif tambahan yang diberlakukan sejak tahun lalu.

Gao mengatakan, pemerintah China tidak memiliki informasi tentang rencana AS melakukan perjalanan ke Beijing untuk melanjutkan pembicaraan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kemarin, Rabu (15/5/2019) bahwa ia dan ketua perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer akan melakukan perjalanan ke Beijing "pada waktu yang tepat".

Gao menolak untuk mengatakan apakah Presiden Donald Trump dan Xi Jinping akan bertemu bulan depan di KTT G-20 di Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tarif impor, perang dagang AS vs China

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top