Pemkot Bandung Siap Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Terkait LKPJ

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku siap menindaklanjuti rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung yang disampikan dalam Sidang Paripurna terkait Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Wali Kota Bandung Akhir Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (15/5) lalu.
Pemkot Bandung Siap Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Terkait LKPJ Dea Andriyawan | 16 Mei 2019 15:45 WIB
Pemkot Bandung Siap Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Terkait LKPJ
Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mencangangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI, Sabtu (27/4/2019). JIBI/Bisnis - Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku siap menindaklanjuti rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung yang disampikan dalam Sidang Paripurna terkait Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Wali Kota Bandung Akhir Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (15/5) lalu.

DPRD Kota Bandung sendiri telah menyampaikan rekomendasi peningkatan dan akselerasi terhadap program pembangunan. Dari 35 urusan pemerintahan daerah, dan 24 urusan yang disoroti oleh dewan.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dewan antara lain urusan pelayanan dasar, infrastruktur, kesejahteraan sosial, dan optimalisasi pendapatan daerah. Jajaran legislatif ingin agar urusan-urusan tersebut dilaksanakan dengan optimal demi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, persoalan lingkungan, pertanahan, tenaga kerja, serta pengembangan koperasi dan usaha kecil menengah tak luput dari perhatian.

Oded mengaku tidak membuat prioritas khusus dalam menanggapi hasil rekomendasi tersebut. Menurutnya, seluruhnya akan ditindaklanjuti bersama jajaran pemerintahan.

"Semua rekomendasi harus kita sikapi dengan baik," ujarnya, Kamis (16/5).

Pada tahun 2018, Kota Bandung berhasil memenuhi target pencapaian pendapatan daerah sebesar 86,70%. Dari target Rp 6,85 triliun, Pemkot Bandung mampu merealisasikan pendapatan sebesar Rp5,93 triliun.

Pendapatan tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,57 triliun, dana perimbangan sebesar Rp3,32 triliun, serta pendapatan lain yang sah sebesar Rp43,5 miliar.

Di sisi lain, Kota Bandung juga mampu menelurkan program-program pembangunan sumber daya manusia dan penyelamatan lingkungan. Kegiatan subuh berjamaah hingga Kang Pisman menjadi salah satu kekuatan.

Kendati begitu, Oded tak menutup mata terhadap beberapa kondisi yang perlu disempurnakan. Ia tetap membuka saran dan masukan untuk Pemkot Bandung.

"Tentu rekomendasi ini wajib bagi kita berupaya untuk menjadikan rekomendasi ini sebagai catatan bagi kami untuk perbaikan. Maka dalam implementasinya saya akan mengadakan rapat internal di Pemkot Bandung seluruh kepala SKPD, akan kami ajak mereka untuk merespon positif rekomendasi ini untuk kita perhatikan agar ke depan menjadi perbaikan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandung, pembangunan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top