Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delapan Produk China Terimbas Tarif Baru Trump

Berbagai produk konsumen produksi China yang dijual di Amerika Serikat bakal terkena imbas atas kenaikan tarif baru, termasuk vacum cleaner, tas, hingga lampu.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./Reuters-Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./Reuters-Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai produk konsumen produksi China yang dijual di Amerika Serikat bakal terkena imbas atas kenaikan tarif baru, termasuk vacum cleaner, tas, hingga lampu.

Pada Jumat (10/5/2019), Pemerintah Amerika Serikat (AS) menaikkan tarif masuk produk-produk buatan China dari 10 persen menjadi 25 persen.

Tarif baru tersebut bakal dikenakan pada berbagai produk sehari-sehari di AS mulai dari daging, furnitur, auto parts. Seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/5/2019), ini beberapa contoh produk yang terkena imbas kenaikan tarif baru :

1. Sektor terbesar yang akan terpengaruh adalah kategori internet modem, routers, dan peralatan transmisi data lainnya. Salah satu router yang masuk pada kategori ini adalah Motorola Solutions Inc’s Dual-Band AC1900 Router. Perusahaan terkait tidak memberikan respon ketika dikonfirmasi oleh Reuters.

2. Papan sirkuit cetak (printed circuit board) iuga masuk dalam daftar yang terimbas tarif baru itu. Salah satu produknya adalah Strix Z390-E Gaming motherboard yang diproduksi oleh ASUSTEK Computer Inc.

3. Produk keamanan misalnya alarm kebakaran dan alarm anti pencuri. Salah satu produknya adalah Protect 2nd Gen Smart Smoke/Carbon Monoxide Wired Alarm yang diproduksi oleh Alphabeth Inc. Google.

4. Masyarakat AS yang harus membeli lampu untuk rumahnya juga harus menghadapi kenaikan harga karena tarif baru ini akan dikenakan terhadap semua produk kategori lampu, baik yang berbasis metal maupun tidak. Home Depot Inc.yanv menjual lampu buatan China melalui Hampton Bay dan merek Alsy adalah beberapa produk di kategori ini.

5. Jika perang dagang ini tidak berakhir hingga akhir tahun ini, konsumen AS kemungkinan harus membayar lebih untuk membeli aksesoris lampu untuk dekorasi Natal. Salah satu produsen yang masuk kategori ini adalah Brizled.

6. Daftar tarif baru itu juga mencakup produk vacum cleaner, salah satunya Shark Navigator Light Upright Vacuum NV105.

7. Konsumen juga harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin membeli tas buatan China. Fossil Group, produsen dari dompet Maya Satchel adalah salah satu kategori yang masuk daftar ini.

8. Kategori lainnya yang akan terpengaruh adalah aneka jenis koper. Ricardo Beveely Hilss, produsen yang berbasis di California dan menjual merek China Mendocino tidak merespons ketika dikonfirmasi oleh Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper