Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanggapi Aksi Kivlan Zen Dkk, TKN: Lebih Baik Perbanyak Ibadah, Kurangi Provokasi

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Tb Ace Hasan Syadzily menyayangkan adanya aksi demonstrasi di Kantor Bawaslu dan KPU, besutan Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, Mayjen (purn) Kivlan Zen.
Penjagaan polisi di depan kantor KPU, Kamis (9/5/2019)/Bisnis/Lalu Rahadian
Penjagaan polisi di depan kantor KPU, Kamis (9/5/2019)/Bisnis/Lalu Rahadian

Bisnis.com, JAKARTA — Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Tb Ace Hasan Syadzily menyayangkan adanya aksi demonstrasi di Kantor Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), besutan Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, Mayjen (purn) Kivlan Zen.

Sebelumnya, Kivlan bersama massa yang menamakan dirinya Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran, GERAK, akan menuntut KPU dan Bawaslu mendiskualifikasi kandidat nomor urut 01 di pilpres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Memprovokasi masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan di luar jalur konstitusi jelas merupakan langkah yang tidak dibenarkan. Bagi kami siapapun pihak harus menghormati hasil pemilu," ujar Ace kepada Bisnis, Kamis (9/5/2019).

Menurut Ace, upaya Kivlan dan kawan-kawan melakukan aksi massa justru mencerminkan ketidaksiapan. Bukan hanya tidak siap menerima kekalahan, tetapi juga tidak siap memberikan bukti-bukti nyata demi menempuh jalan konstitusi.

Misalnya, keinginan diskualifikasi paslon 01 Jokowi-Ma'ruf dengan alasan kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis dan massif (TSM) tak ada dasar buktinya.

Di sisi lain, menurut Ace, walaupun kerap melontarkan isu bahwa KPU ikut melakukan kecurangan, tapi justru kini minta KPU-Bawaslu untuk mendiskualifikasi paslon. Artinya, mereka telah merengek-rengek pada lembaga yang kredibilitasnya sedang dihancurkan sendiri.

"Mentalitas Kivlan Zein, Eggi Sudjana dan para pendukung 02 lainnya memang tidak siap kalah sehingga segala macam cara dilakukan, termasuk demontrasi ke KPU dan Bawaslu agar pak Jokowi didiskualifikasi," ujar politisi Golkar ini.

"Saran saya, di bulan suci Ramadan, Pak Kivlan Zen dan kawan-kawan lebih baik perbanyak amal ibadah, kurangi menyeburkan fitnah dan ujaran kebencian. Soal pemilu, tunggu saja hasilnya tanggal 22 Mei ini. Jangan ancam-ancam penyelenggara pemilu dengan demo kalau tidak punya bukti kecurangan. Malu sama rakyat," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper