Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Studi Asia, Universitas Addis Ababa Cari Partner Kerja Sama Dengan Indonesia

Universitas Addis Ababa adalah Universitas tertua dan terbaik di Ethiopia, memiliki 13 kampus di mana 12 kampus berlokasi di Ibu Kota Ethiopia dan satu kampus di Bishoftu sekitar 30 km selatan kota Addis Ababa.

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Studi Afrika dan Asia, Universitas Addis Ababa, Ethiopia saat ini sedang mencari rekan kerja sama dengan pusat studi atau lembaga sejenis di Indonesia. Hal itu dilakukan terutama dalam rangka meningkatkan studi, kajian dan analisis tentang model-model pembangunan di negara-negara Asia.

Pada 2020, pusat studi ini akan menyelenggarakan program Master Asia Studies yang terbuka bagi mahasiswa dalam dan luar negeri. Untuk itu, mulai awal tahun lalu telah dipersiapkan tenaga profesional untuk memperkuat pusat studi tersebut.

Hal itu mengemuka saat pertemuan Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur dengan Direktur Pusat Studi Afrika dan Asia Getahun Kebede ,serta Samuel Tefera, Asisten Profesor  dan Koordinator Asian Desk Pusat Studi Afrika dan Asia di kampus Universitas Addis Ababa, Selasa (7/5).

Duta Besar Al Busyra Basnur didampingi oleh Christine Refina, Pejabat Fungsi Politik KBRI Addis Ababa.

“Mengingat program Master Asia Studies akan segera dibuka tahun depan, Pusat Studi Afrika dan Asia, Universitas Addis Ababa mengharapkan agar kerja sama dengan Pusat Studi Afrika di Indonesia dapat segera dimulai. Pusat studi tersebut juga siap untuk menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Indonesia sebagai payung kerjasama,  kata Duta Besar Al Busyra Basnur, dalam keterangan persnya.

Menurutnya, bentuk-bentuk kerja sama yang diharapkan meliputi pertukaran pengajar dan mahasiswa, pemberian beasiswa S-3 bagi para pengajar program studi Asia, penelitian bersama, seminar, lokakarya dan dukungan bahan-bahan literatur.

Sebagai langkah awal, KBRI Addis Ababa dan Pusat Studi Afrika dan Asia, Universitas Addis Ababa akan menyelenggarakan kuliah umum pada akhir Mei 2019 dalam progam Asia Series Public Lecture.

Pembicara pada kuliah umum tersebut adalah Duta Besar Al Busyra Basnur dan I Ketut Putra Erawan, Direktur Eksekutif Bali Institute for Peace and Democracy. Asia Series Public Lecture tersebut merupakan public lecture pertama dalam program Asia Series.

Universitas Addis Ababa adalah Universitas tertua di Ethiopia, memiliki 13 kampus di mana 12 kampus berlokasi di Ibu Kota Ethiopia dan satu kampus di Bishoftu sekitar 30 km selatan kota Addis Ababa. Pada 2019, Universitas Addis Ababa berada pada rangking pertama Universitas terbaik di Ethiopia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper