Pakai Jubah Berhias Berlian, Raja Maha Vajiralongkorn Diangkut Tandu Berlapis Emas

Raja Maha Vajiralongkorn yang baru saja dinobatkan di Thailand kemarin sore diangkut oleh tentara dengan tandu berlapis emas melalui jalan-jalan di Bangkok sebagai prosesi bersejarah bagi bangsa tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 Mei 2019  |  14:25 WIB
Pakai Jubah Berhias Berlian, Raja Maha Vajiralongkorn Diangkut Tandu Berlapis Emas
Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dimahkotai di Thailand ikut serta dalam prosesi di dekat Istana Negara di Bangkok, 5 Mei 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Raja Maha Vajiralongkorn yang baru saja dinobatkan di Thailand kemarin sore diangkut oleh tentara dengan tandu berlapis emas melalui jalan-jalan di Bangkok sebagai prosesi bersejarah bagi bangsa tersebut.

"Semoga panjang umur raja!" teriak simpatisan yang berjejer di jalan selama berjam-jam untuk melihat sekilas raja yang dihormati dalam budaya Thailand sebagai dewa yang hidup.

Raja bergelar Rama X dari dinasti Chakri tersebut terlihat mengenakan jubah berhiaskan berlian dan topi bertepi lebar dihiasi bulu halus. Prosesi itu merupakan hari kedua dari tiga hari arak-arakan untuk menunjukkan kemegahan kerajaan.

Prosesi sejauh tujuh kilometer itu menunjukkan kedekatan rakyat dengan sang raja yang berusia 66 tahun untuk pertama kalinya. 

Dimulai sekitar jam 5 sore waktu setempat di Grand Palace kawasan kota tua Bangkok, arak-arakan dimulai dengan bunyi terompet. Para tentara kemudian meneriakkan aba-aba yang diikuti dengn tembakan meriam sebanyak 21 kali.

Prosesi itu berjalan di tengah terik matahari dengan suhu mencapai hampir 40 derajat Celcius. Namun, kerumunan orang dari seluruh negeri berbondong-bondong ke pulau Rattanakosin di kawasan tua Bangkok untuk menyaksikan acara yang langka dan indah itu.

Berjam-jam sebelum acara dimulai warga Thailand yang mengenakan pakaian kuning atau warna yang biasa dikaitkan dengan kerajaan di Asia Tenggara, sudah duduk di sepanjang rute arak-arakan. Mereka duduk di jalan di bawah terik matahari. Bahkan banyak orang sudah menunggu sejak jam 10 pagi.

“Ini adalah acara bersejarah. Saya belum pernah melihatnya pada masa pemerintahan mendiang Raja Bhumibol. Sekarang adalah kesempatan bagus untuk menyaksikannya. Saya telah duduk di sini selama berjam-jam tetapi saya merasa baik-baik saja. Saya tidak melihat waktu, sungguh. Saya menikmati pengalaman itu,” kata warga Bangkok Somjit Poljamjumroon sebagimana dikutip ChannelNwsAsia.com, Senin (6/5/2019).

Raja Vajiralongkorn naik tahta setelah ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej meninggal pada 13 Oktober 2016. Penobatannya tidak dimulai sampai 4 Mei karena masa berkabung dan kremasi kerajaan. raja saat ini adalah raja kesepuluh dari dinasti Chakri Thailand dan dengan demikian juga dikenal sebagai Raja Rama X.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
thailand, bangkok thailand, Raja Thailand

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup