Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Baru Thailand Jalani Prosesi Penobatan

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pada hari Sabtu memulai upacara Buddha dan Brahmana yang rumit untuk secara simbolis mengubahnya menjadi dewa yang hidup ketika negara Asia Tenggara ini secara resmi memahkotai raja pertamanya dalam hampir tujuh dekade.
Foto Raja Maha Vajiralongkorn dipasang di luar kuil Wat Suthat menjelang penobatannya secara resmi di Bangkok, Thailand, Jumat (3/5/2019)./Reuters-Jorge Silva
Foto Raja Maha Vajiralongkorn dipasang di luar kuil Wat Suthat menjelang penobatannya secara resmi di Bangkok, Thailand, Jumat (3/5/2019)./Reuters-Jorge Silva

Bisnis.com, JAKARTA -- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pada hari Sabtu memulai upacara Buddha dan Brahmana yang rumit untuk secara simbolis mengubahnya menjadi dewa yang hidup ketika negara Asia Tenggara ini secara resmi memahkotai raja pertamanya dalam hampir tujuh dekade.

Raja akan bergabung dengan Ratu Suthida baru setelah pengumuman mengejutkan tiga hari sebelum penobatan bahwa raja yang bercerai tiga kali telah menikah untuk keempat kalinya.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (4/5/2019), Pada waktu yang menguntungkan secara astrologis yakni pukul 10:09 pagi (03:09 GMT) waktu setempat, raja akan berpakaian putih saat ia menjalani ritual pemurnian kerajaan di mana air yang dikuduskan akan dituangkan ke atas kepalanya.

Raja Vajiralongkorn yang berusia 66 tahun, menjadi raja konstitusional setelah kematian ayahnya yang dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej, pada Oktober 2016 setelah 70 tahun naik takhta.

Penobatannya, setelah masa berkabung untuk almarhum raja, terjadi di tengah ketidakpastian pertempuran pemilihan yang belum terselesaikan antara kepala junta militer saat ini dan "front demokrasi" yang berusaha mendorong tentara keluar dari politik.

Ritual penobatan raja-raja Thailand adalah campuran tradisi Buddha dan Hindu Brahmana yang telah ada sejak berabad-abad lalu. Salah satu dari banyak gelar resmi yang akan diambil Raja Vajiralongkorn adalah Rama X, atau raja ke-10 dari dinasti Chakri yang didirikan pada 1782.

Ritual hari Sabtu, yang akan membuat raja bermandikan air suci dan dimahkotai, adalah tentang mentransformasikannya menjadi "Devaraja", atau perwujudan ilahi para dewa.

Ketika air mulai mengalir, meriam kuno dari abad ke-19, yang digunakan secara khusus untuk penobatan, akan menembakkan 10 tembakan masing-masing.

Raja kemudian akan berganti menjadi seragam penuh dan duduk di atas takhta kayu delapan sisi berukir untuk menerima air suci di tangannya dalam ritual pengurapan.

Pejabat terpilih, termasuk Kepala Junta Militer Prayuth Chan-ocha, Ketua Majelis Legislatif Nasional, dan Ketua Mahkamah Agung, akan mencurahkan air dari delapan arah, mewakili arah mata angin dan tata cara pada kompas.

Perairan yang digunakan dalam kedua ritual itu dikumpulkan dari 117 sumber bulan lalu, diberkati oleh para biksu Buddha dan para imam Brahmana di kuil-kuil di sekitar negara itu, sebelum mereka digabungkan dan disucikan.

Sebelum tengah hari, penguasa yang dimurnikan dan diurapi akan duduk di bawah payung sembilan tingkat yang rumit, di mana ia akan menerima plakat emas kerajaan berisi nama dan gelarnya, horoskop kerajaan, dan meterai kerajaan, yang dibuat dalam ritual tiga jam minggu lalu.

Raja juga akan menerima dan memakai lima benda kerajaan dari raja Brahmana.

Setelah penuh tanda kebesaran, raja akan memberikan perintah kerajaan pertamanya, ucapan singkat yang akan menyoroti inti dari pemerintahannya.

Raja akan memproklamirkan dirinya sebagai pelindung kerajaan agama Buddha di malam hari, dan melakukan ritual pindah rumah pribadi di kediaman kerajaan di mana ia akan menginap, seperti yang dilakukan raja sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper