Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua DPR Bambang Soesatyo Ingin Pemilu Kembali Seperti Dulu, Pileg dan Pilpres Dipisah

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa evaluasi yang menjadi pertimbangannya yakni perhelatan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden digelar secara terpisah.
Bambang Soesatyo/Antara
Bambang Soesatyo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua DPR Bambang Soesatyo akan mendorong partai politik melalui pimpinan fraksi di parlemen untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Melalui keterangan resminya yang dikutip Senin (29/4/2019), Bambang Soesatyo mengatakan bahwa evaluasi yang menjadi pertimbangannya yakni perhelatan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden digelar secara terpisah.

Selain itu, kata Bambang masa kampanye dalam Pemilu idealnya hanya 3 bulan. Tidak seperti pada pemilu 2019 yang berlangsung hingga 8 bulan.

“Saya akan mendorong fraksi di DPR RI sebagai perpanjangan tangan partai politik, untuk mengembalikan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg seperti Pemilu yang lalu. Yakni sistem Pemilu terpisah dengan masa kampanye maksimal 3 bulan agar energi bangsa ini tidak hanya habis terkuras di pusaran kompetisi Pemilu,” ujarnya.

Dia meminta setelah reses, anggota DPR, partai politik, dan pemerintah mulai melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan Pemilu secara bertahap.

Selain itu, anggota DPR juga perlu memikirkan sistem pemilu yang mudah dan murah sehingga Pemilu berdampak positif bagi masyarakat Indonesia di masa depan.

“Kami di DPR melalui Komisi II DPR mengajak pemerintah dan KPU untuk secara bersama-sama pasca reses nanti melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu 2019, serta mengkaji Undang-Undang Pemilu, terutama terhadap perlunya untuk segera diterapkan sistem pemilu yang murah, efisien dan tidak rumit serta tidak memakan banyak korban,” ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper