Penantang Presiden Trump Kumpulkan Dana Kampanye US$6,3 juta Dalam 24 Jam

Kandidat presiden Demokrat AS Joe Biden mengklaim telah mengumpulkan US$6,3 juta dalam 24 jam pertama kampanyenya. Hasil ini memberikan dampak yang lebih kuat kepada Biden daripada saingannya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 27 April 2019  |  08:22 WIB
Penantang Presiden Trump Kumpulkan Dana Kampanye US$6,3 juta Dalam 24 Jam
Mantan Wapres AS Joe Biden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kandidat presiden Demokrat AS Joe Biden mengklaim telah mengumpulkan US$6,3 juta dalam 24 jam pertama kampanyenya. Hasil ini memberikan dampak yang lebih kuat kepada Biden daripada saingannya.

Biden (76) berdasarkan laporan Reuters memperoleh dana kampanye cukup besar dengan kontribusi kecil. Juru bicara kampanye Bidan, TJ Ducklo menulis di Twitter bahwa 97% sumbangan yang diterima berasal dari sumbangan di bawah US$200.

Dia bahkan mengalahkan kandidat Demokrat lainnya dalam penggalangan dana hari pertama, termasuk Bernie Sanders, yang mengumpulkan US$5,9 juta, dan Beto O'Rourke, yang menghasilkan US$6,1 juta.

Sebelum masuk sebagai salah satu kandidat presiden dari Demokrat, Biden menghadapi spekulasi bahwa dia tidak akan dapat mengumpulkan donasi melalui Internet. Pasalnya pengumpulan dana kampanye ini dilihat sebagai ujian kelayakan dan dukungan di Partai Demokrat.

Agar memenuhi syarat untuk debat pertama pada Juni 2019, kandidat harus menerima sumbangan dari 65.000 donor yang berbeda. Biden mencapai tanda itu dalam 12 jam pertama kampanyenya.

Biden menjabat sebagai wakil presiden mantan semasa Presiden Barack Obama untuk dua periode. Dia bersaing dengan 19 orang lainnya untuk masuk nominasi calon presiden dari Partai Demokrat dan berkemungkinan untuk menghadapi Presiden Donald Trump tahun depan dalam pemilihan umum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Donald Trump

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup