Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Pembangunan Infrastruktur, Pemprov Jabar Gandeng 31 Universitas

Sebanyak 31 universitas anggota University Network for Indonesia Infrastructure Development (UNIID) sepakat mempercepat pembangunan infrastruktur di Jawa Barat melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/Bisnis/Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Sebanyak 31 universitas anggota University Network for Indonesia Infrastructure Development (UNIID) sepakat mempercepat pembangunan infrastruktur di Jawa Barat melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

 Penandatanganan kesepakatan dilakukan dalam acara Infrastructure Summit 2019 di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jumat (26/4/19).

Acara dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

 UNIID yang dipimpin Universitas Padjajaran (Unpad) akan berdiskusi dan membahas berbagai ide dan masukan terhadap pengembangan infrastruktur oleh para akademisi dan intelektual yang dimilikinya.

 "Ini bagian dari pentahelix yaitu kerja sama dengan perguruan tinggi untuk membantu percepatan pembangunan infrastruktur Jabar melalui dana swasta," kata Gubernur Ridwan Kamil.

 Ridwan mengungkapkan, pada tahun ini ada 20 proyek infrastruktur di Jabar yang akan melibatkan UNIID dalam pembangunannya.

Salah satu yang paling siap adalah proyek Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Legoknangka di Nagreg Kabupaten Bandung.

Dalam pembangunannya juga akan didampingi oleh Kementerian Keuangan.

"Kita sudah siap 20 proyek, salah satunya Legoknangka yang paling siap dan sudah difasilitasi oleh Menteri Keuangan untuk pendampingan sekitar Rp20 miliar untuk feasibility studi," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

 Selain TPPAS Legoknangka, sejumlah proyek lainnya juga sedang disiapkan. Kebanyakan adalah proyek pelayanan dasar, transportasi, sampah, dan air.

 "Banyak, ada SPAM air di Cirebon, pokoknya kebanyakan proyek pelayanan dasar ya antara transportasi, sampah, dan air," tutur Emil.

 Ridwan Kamil meminta Unpad selalu yang memimpin UNIID untuk mengarahkan universitas lain agar ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Sungai Citarum.

 "Saya sudah berkomitmen dengan Unpad untuk menggarap sejumlah proyek strategis seperti Citarum, dan Unpad kan yang mengoordinir universitas lainnya," kata Emil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper