Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isi Telegram Milik Hitler Dilelang, Ternyata Begini Isinya

 Rumah lelang di AS melelang surat terakhir pemimpin Nazi Adolf Hitler menjelang bunuh diri, yang menjadi satu-satunya bukti tertulis Hitler menjelang kematiannya.
Adolf Hitler/biography.com
Adolf Hitler/biography.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah lelang di AS melelang surat terakhir pemimpin Nazi Adolf Hitler menjelang bunuh diri, yang menjadi satu-satunya bukti tertulis Hitler menjelang kematiannya.

Sebuah telegram yang dikirim oleh Adolf Hitler pada bulan April 1945 ke salah satu jenderalnya, menginformasikan bahwa pemimpin Nazi bermaksud untuk tetap di Berlin dalam menghadapi pasukan Uni Soviet yang maju. Surat ini sekarang dilelang oleh Alexander Historical Auctions di Maryland, menurut Daily Mail, yang dikutip Sputnik, 25 April 2019.

"Aku akan tetap di Berlin, untuk mengambil bagian, dengan cara terhormat, dalam pertempuran yang menentukan untuk Jerman, dan untuk memberikan contoh yang baik untuk semua yang tersisa," Hitler menulis kepada Field Marshal Ferdinand Schorner.

"Saya percaya bahwa dengan cara ini saya akan memberikan Jerman pengabdian terbaik. Untuk Anda semua, segala upaya harus dilakukan untuk memenangkan perjuangan untuk Berlin. Anda dapat membantu dengan tegas, dengan mendorong ke utara secepat mungkin," isi telegram Hitler.

Seperti yang dijelaskan oleh Bill Panagopulos, presiden rumah lelang, telegram berfungsi sebagai bukti tertulis unik yang menegaskan niat Hitler untuk tetap dan mati di ibu kota Jerman, yang pada dasarnya menjadikannya satu-satunya bukti catatan bunuh diri Fuhrer.

"Di dalamnya, dia mencoba menggambarkan dirinya sebagai pemimpin yang gagah berani dari anak buahnya sampai akhir, ketika pada kenyataannya dia menuju ke kamarnya dan menembakkan peluru ke kepalanya," kata Panagopulos.

Pada 30 April 1945, Adolf Hitler dan kekasihnya Eva Braun bunuh diri di bunker Fuhrer di Berlin, ketika Jerman di ambang kekalahan dan dijepit pasukan sekutu dari Barat dan Soviet di Timur.

Namun, sebuah dokumen FBI yang tidak diklasifikasikan mengungkapkan bahwa pada tahun 1945, agen tersebut menyelidiki klaim tentang Adolf Hitler yang melarikan diri dari Jerman dengan kapal selam dan bersembunyi di Argentina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper