Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kim Jong-un Pecat Pejabat Tinggi Terkait Kegagalan di KTT Dengan Trump

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un memecat Kim Yong-chol, kepala Departemen Front Persatuan Partai Buruh. Yong-chol dinilai gagal mengarahkan hingga tercapai kesepakatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi antara Korut dan Amerika Serikat akhir Februari lalu.
Kim Yong-chol, dipecat karena kegagalan KTT Korut-AS/BBC-Getty Image
Kim Yong-chol, dipecat karena kegagalan KTT Korut-AS/BBC-Getty Image

Bisnis.com, JAKARTA—Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un memecat Kim Yong-chol, kepala Departemen Front Persatuan Partai Buruh. Yong-chol dinilai gagal mengarahkan hingga tercapai kesepakatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi antara Korut dan Amerika Serikat akhir Februari lalu.

Berita itu disampaikan Kepala Komite Intelijen Parlemen Korea Selatan Lee Hye-hoon. Akan tetapi, Badan Intelijen dan Kementerian Penyatuan Korea menolak menanggapi kabar itu. Lee menyatakan posisi yang ditinggalkan Yong-chol diisi Jang Kum Chol. Dia menyatakan tidak pernah mendengar sepak terjangnya.

Kabar penunjukkan Jang dilaporkan kantor berita Korea Utara, KCNA. Meski demikian, pemerintah Korsel menyatakan masih terlalu dini menarik kesimpulan soal karir politik Yong-chol dan pengaruhnya dalam perundingan nuklir sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (25/4/2019).

Yong-chol adalah perwira angkatan bersenjata Korut yang juga menjabat wakil ketua Komite Sentral Partai Buruh. Selama ini dia termasuk dalam anggota perundingan denuklirisasi dan kerap berurusan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.

Yong-chol juga tidak nampak dalam rombongan lawatan Kim Jong-un ke Rusia. Padahal, dia selalu hadir dalam empat kali kunjungan kenegaraan ke China dan terlibat dalam dua KTT AS-Korut.

Kini Yong-chol dikabarkan ditunjuk menjadi anggota Komisi Urusan Negara.

Yong-chol diduga adalah orang yang berkeras supaya Jong-un tidak menuruti kemauan AS untuk melucuti seluruh persenjataan nuklir mereka jika ingin semua sanksi dicabut. Yong-chol mendesak pelucutan bertahap dengan imbalan pembatalan sanksi-sanksi yang dianggap penting.

Perundingan antara AS-Korut kedua di Hanoi, Vietnam berakhir tanpa hasil. Jong-un sendiri menyatakan mau kembali bernegosiasi dengan Presiden AS, Donald Trump, tetapi memberi tenggat hingga akhir tahun ini. Jika hal itu tidak terlaksana, kemungkinan besar Korut akan melanjutkan program persenjataan nuklir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper