Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Gelontorkan Rp 38 Milir Untuk Perawatan Taman

Pemerintah Kota Bandung menggelontorkan anggaran Rp 38 miliar untuk perawatan taman-taman di Kota Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung menggelontorkan anggaran Rp 38 miliar untuk perawatan taman-taman di Kota Bandung.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Riela Fiqrina mengatakan, Kota Bandung saat ini memiliki 29 taman tematik yang tersebar di seluruh wilayah. 

Taman-taman tersebut dirancang secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan setiap elemen warga. Tak hanya itu, ada pula taman-taman RW di wilayah-wilayah untuk mendekatkan ketiga fungsi RTH itu langsung kepada warga.

Menurutnya, taman kini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) memiliki tiga fungsi sekaligus. Selain fungsi estetika, taman juga memiliki fungsi ekologis dan fungsi sosial.

“Orientasinya untuk menciptakan kota yang nyaman. Warga kotanya menjadi senang bahagia sehingga bisa meningkatkan index of happiness,” tutur Riela, Rabu (24/4).

Kepala Bidang Pertamanan DPKP3, Iwan Sugiono mengatakan anggaran Rp 38 miliar tersebut dianggarkan untuk merawat taman-taman mulai dari gaji pegawai petugas kenersihan hingga anggaran penghijauan.

“Itu termasuk biaya penghijauan, pembibitan, dan menggaji 320 orang tenaga harian lepas yang setiap hari menjaga taman-taman kita tetap bersih dan nyaman dikunjungi,” jelasnya.

Seluruh taman di Kota Bandung juga diupayakan bisa dikunjungi oleh semua kalangan usia, dari mulai kanak-kanak hingga lansia. Seluruh fasilitas disesuaikan agar nyaman untuk seluruh warga.

“Kita juga upayakan agar taman- taman bisa dilalui oleh kursi roda. Secara bertahap kita kerjakan,” katanya.

Saat ini, DPKP3 tengah fokus untuk memperbanyak taman-taman RW di kewilayahan.

Dalam setahun, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk membangun kurang lebih 25 taman RW. Kendati belum cukup, ia mengaku akan mengoptimalkan dana yang ada.

“Anggaran kita hanya mampu sekitar 25 taman pertahun. Mudah-mudahan itu bisa memberikan dampak positif bagi warga,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper