TKN : Klaim Kemenangan Prabowo-Sandiaga di Babel Ternyata Hanya Data 2 TPS

TKN Jokowi-Ma'ruf mengungkap bahwa klaim kemenangan 60 persen pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga di Bangka Belitung, ternyata hanya bersumber dari data dua TPS.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 23 April 2019  |  18:59 WIB
TKN : Klaim Kemenangan Prabowo-Sandiaga di Babel Ternyata Hanya Data 2 TPS
Direktur Konten TKN Jokowi-Ma'ruf Fiki Satari dan Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy - Bisnis/Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — TKN Jokowi-Ma'ruf mengungkap bahwa klaim kemenangan 60 persen pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga di Bangka Belitung ternyata hanya bersumber dari data dua TPS.

Hal ini dijelaskan oleh Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy di Posko Cemara TKN Jokowi-Ma'ruf, Selasa (23/4/2019).

Lukman menjelaskan pantas saja Prabowo-Sandiaga sanggup membuat klaim 60,89 persen berbanding Jokowi-Ma'ruf 39,11 persen. Sebab, data yang mereka rujuk begitu minim, hanya dari 2 TPS (427 suara) dari total 3.800 TPS (932.569 suara).

"Jadi ini sebuah kebohongan yang dipublikasikan kepada publik untuk mem-framing pemikiran publik bahwa Pemilu sekarang ini 02 sudah memenangkan pertarungan di setiap daerah. Apalagi kemudian menyatakan di Sumatra mereka menang semua," ujar Edy.

Edy pun membantahnya dengan data lebih lengkap, bahwa Jokowi-Ma'ruf diperkirakan menang. Sebab, berdasarkan data tim perhitungan TKN di Bangka Belitung yang telah terkumpul 32,3 persen, tercatat Jokowi-Ma'ruf unggul 64,14 persen berbanding 35,86 persen.

Data real count resmi KPU pun menunjukkan angka yang tak jauh berbeda. Dari 20,3 persen data yang masuk, KPU mencatat keunggulan Jokowi-Ma'ruf di kisaran 66,36 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 33,64 persen.

Data quick count dari lembaga survei pun menunjukkan angka yang serupa. Yaitu kemenangan 65,6 persen (SMRC) dan 65,69 persen (Poltracking) untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Setiap hari kami akan buka, kami akan bongkar. Setiap data [perhitungan per provinsi] yang masuk hampir 40 persen, yang kami anggap sudah stabil progress-nya, maka akan kami umumkan kepada publik," ungkap Lukman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top