Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov & 14 Kota/Kabupaten di Jabar Belajar Pelayanan Publik di Pemkot Bandung

Pemprov Jabar bersama 14 Pemerintah Kota/Kabupaten lainnya akan belajar pelayanan publik melalui Coaching Clinic yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bandung.
Ilustrasi Mal Pelayanan Publik di Jakarta/Bisnis.com-Nirmala Aninda
Ilustrasi Mal Pelayanan Publik di Jakarta/Bisnis.com-Nirmala Aninda

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama 14 Pemerintah Kota/Kabupaten lainnya akan belajar pelayanan publik melalui Coaching Clinic yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bandung. 

Pemerintah Kota Bandung sendiri memperoleh kepercayaan untuk menjadi fasilitator Coaching Clinic Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

Coaching Clinic tersebut rencananya akan digelar di Pendopo Kota Bandung, Kamis (25/4) mendatang.

Kepala Bagian ORPAD Setda Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan setiap kota/kabupaten harus mengikutsertakan empat perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

Keempat instansi itu antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah (ORPAD), dan Rumah Sakit Umum Daerah..

Coaching clinic ini menurutnya penting untuk memberikan pemahaman mendalam tentang urgensi kualitas pelayanan publik. Metode coaching clinic ini berbeda dari seminar atau lokakarya biasa. 

Lewat metode ini, ada dialog yang mendalam antara pelatih atau coach dengan peserta atau client. Cara ini bisa memberikan dampak lebih signifikan ketimbang seminar biasa.

“Upaya untuk meningkatkan kemampuan ASN untuk meningkatkan pelayanan publik itu banyak caranya. Ada pelatihan, konseling, yang ini coaching clinic. Coaching clinic untuk menumbuhkan pemahaman ASN dan pengetahuan mereka terhadap dampak yang mereka lakukan,” ujar Atet.

Hal yang terpenting dalam coaching clinic ini adalah penanaman mindset atau cara berpikir yang berfokus pada dampak pekerjaan yang dilakukan. Kegiatan nanti akan menggali cara berpikir klien sehingga pemahaman tentang tugas dan fungsi pelayanan publik dapat dengan mudah diterapkan.

“Bentuknya adalah dialog antara coach dan client, kalau sudah insight (wawasan) tergali bagaimana pola pemikiran terhadap apa yang ia lakukan. Insya Allah akan menunjang meningkatkan tugas atau apa yang dia lakukan,” katanya.

Kegiatan ini mengajak para peserta untuk memahami pekerjaan mereka sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Para ASN juga diingatkan bahwa orientasi pekerjaan mereka adalah masyarakat, karena dari uang merekalah para ASN ini digaji.

“Mindset itu harus dibentuk. Kalau sadar bahwa kita digaji oleh rakyat dan kalau itu sudah terbentuk, rasanya tidak sulit untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Atet.

Di sisi lain, hasil coaching clinic ini juga mengharuskan para peserta untuk dapat menjadi coach bagi rekan sejawat dan bawahannya. Secara tidak langsung, mereka akan menjadi tutor dan menularkan hasil coaching clinic itu kepada seluruh pegawai di instansinya.

“ASN yang melayani publik harus punya kemampuan meng-coach (melatih). Kepala dinas meng-coach sekretaris, sekretaris meng-coach kepala bidang, kepala bidang meng-coach kepala subbidang, lalu meng-coach semua bawahan. Sehingga pola pemikiran mereka, sehingga wawasan terhadap pola pelayanan menjadi sama,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper