Trump & Abe Akan Bahas Isu Nuklir Korea Utara

Presiden AS Donald Trump akan melakukan pembicaraan soal denuklirisasi Korea Utara dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada Mei mendatang.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 19 April 2019  |  13:03 WIB
Trump & Abe Akan Bahas Isu Nuklir Korea Utara
Uji tembak rudal balistik kapal selam dari bawah air dalam foto tidak bertanggal yang dirilis oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Minggu (24/4/2016). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden AS Donald Trump akan melakukan pembicaraan soal denuklirisasi Korea Utara dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada Mei mendatang.

Kunjungan Trump itu membalas kunjungan Abe ke AS pada bulan ini. Selain soal isu Korea Utara, kedua pemimpin kemungkinan akan membahas perdagangan bilateral.

Trump akan mengunjungi Jepang dari 25-28 Mei, menurut ihak Gedung Putih dalam sebuah pernyataannya sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Jumat (19/4).

Disebutkan bahwa kedua pemimpin juga akan mencari cara untuk memajukan visi bersama mereka tentang kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, termasuk langkah-langkah yang akan memperkuat hubungan perdagangan dan investasi bilateral.

Abe merupakan salah satu sekutu terdekat Trump di panggung dunia.

Jepang menjadi negara pertama yang dikunjungi Trump pada rangkaian kunjungannya setelah terpilih pada November 2017.

Di Tokyo, Trump berencana bertemu Putra Mahkota Naruhito, yang akan menjadi kaisar pada 1 Mei, sehari setelah turun tahta ayahnya, Kaisar Akihito.

Hubungan perdagangan perdagangan kedua negara selama ini tercatat berjalan lancar. 

Pekan ini, para pejabat AS dan Jepang mengadakan perundingan putaran pertama menuju kesepakatan perdagangan baru yang tengah diupayakan Trump.

September lalu, Trump dan Abe setuju untuk memulai pembicaraan perdagangan, termasuk membahas soal tarif impor kendaraan Jepang ke negara itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nuklir korut, Donald Trump

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top