Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Langkah Bandung Antarkan Produk Lokal Ke Pasar Dunia

Pemerintah Kota Bandung mendorong produk-produk lokal untuk mampu bersaing di pasar internasional. Di antaranya mengarahkan pengrajin untuk mampu membuat produk unik, bernarasi namun tetap berkarakter budaya.

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung mendorong produk-produk lokal untuk mampu bersaing di pasar internasional. Di antaranya mengarahkan pengrajin untuk mampu membuat produk unik, bernarasi namun tetap berkarakter budaya. 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded memaparkan formulasi tersebut saat mengunjungi pameran 68 produk lokal bertajuk #LocalVocal di Graha Manggala Siliwangi, Jumat (19/4).

‎Menurutnya, ketiga hal tersebut penting agar seni kerajinan tangan dari Kota Bandung bisa dikenal pangsa pasarnya. Saat ini pihaknya terus mendorong perajin untuk menghidupkan karakter Kota Bandung ke dalam hasil karyanya.

Karakter Kota Bandung, lanjutnya yakni mulai menghidupkan ikon Kota Bandung, yaitu bunga patrakomala dan burung cangkurileung. Selama ini, karya-karya kerajinan tangan belum menyentuh dua ikon tersebut.

“Belum ada yang mengarahkan ke sana. Insya Allah itu tugasnya Dekranasda,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia terus mengembangkan potensi perajin melalui kurasi dan eksibisi. Pameran #LocalVocal ini juga merupakan hasil kerja sama antara Dekranasda dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung.

“Kita tingkatkan terus kreativitas perajin, menumbuh-suburkan mereka sesuai dengan visi Dekranasda. Yaitu mengembangkan pengrajin yang berkarakter unggul dan mandiri. Itu kita terus dorong,” ujar ibu tujuh anak itu.

Ia berharap, Dekranasda tidak sekadar mengasah potensi perajin tetapi juga bisa membukakan peluang untuk mengakses pasar.

“Harapannya, dengan kegiatan seperti ini, pangsa pasar bisa melihat produk-produk para perajin,” katanya.

Tak hanya pasar lokal, Dekranasda Kota Bandung juga menyasar pasar internasional dengan mengikuti pameran di luar negeri. Agenda terdekat adalah memberangkatkan lima perajin hasil kurasi Dekranasda ke pameran di Filipina.

“Kita akan berangkat ke Manila Fame untuk mengikuti pameran. Dari 190 produk yang terkurasi, kita sudah membuat klasifikasi. Ada yang kita bawa ke Manila, ada yang ke Inacraft di tingkat nasional, ada yang lokal,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper