Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPBU Kebakaran, Diduga Saat Isi Bensin Mobil Masih Menyala

Diduga mengisi BBM saat mesin mobil masih menyala, sebuah SPBU di Sukabumi mengalami kebakaran. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, SUKABUMI - Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum  di Kabupaten Sukabumi kebakaran Jumat dini hari.

Insiden tersebut terjadi pada pompa pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Saat kejadian sekitar pukul 01.30 WIB pada Jumat, (19/4/2019) lokasi saya tidak jauh dari SPBU, tiba-tiba mendengar suara ledakan kecil dan api langsung menyambar boks dan mobil yang sedang mengisi BBM. Api pun dengan cepat berkobar dan menghanguskan satu blok tempat pengisian BBM," kata pedagang yang mangkal di sekitar SPBU tersebut, Asep Saepul Rahmat, Jumat.

Informasi yang dihimpun kebakaran satu blok mesin pengisian BBM tersebut terjadi saat mobil bak terbuka Suzuki Carry bernomor polisi F 8194 UZ melakukan pengisian BBM. Diduga saat isi BBM mesin mobil tersebut tidak dimatikan sehingga ada percikan api yang langsung menyambar mesin pengisian PT Pertamina itu.

Api dengan cepat membesar dan membakar satu pompa pengisian BBM beserta mobil yang sedang mengisi Premium. Akibat kejadian ini pemilik mobil bak terbuka mengalami luka bakar ringan di bagian kaki dan tangan. Korban sudah dibawa ke RSUD Sekarwangi.

Dua unit mobil lainnya yang sedang diparkir di SPBU 34.43307 ikut terbakar. Kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kanit Reskrim Polsek Cibadak Iptu Madun mengatakan pihaknya masih menyelidiki kasus kebakaran tersebut. Kuat dugaan kebakaran disebabkan mobil yang sedang mengisi BBM tidak dimatikan mesinnya.

"Saat mengisi BBM pemilik mobil tidak mematikan mesinnya dan diduga terjadi hubungan pendek dan mengeluarkan api. Sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari sejumlah saksi yang berada di lokasi kejadian," kata Madun.

Ia menambahkan kasus kebakaran ini harus menjadi perhatian. Pengendara mobil atau motor diminta tidak menyalakan mesin saat mengisi BBM karena bisa menimbulkan percikan api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper