PEMILU 2019: Jokowi - Amin Unggul di Austria & Slovenia

Pasangan capres dan cawapres 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul di Austria dan Slovenia.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 18 April 2019  |  07:39 WIB

Kabar24.com, WINA - Pasangan capres dan cawapres 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul di Austria dan Slovenia.

Dalam penghitungan suara yang dilakukan di KBRI Wina, Austria, Rabu (17/04/2019), pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan suara sebanyak 528 suara (79,5%), sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapat 128 suara (19,3%). 

Pemungutan suara bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kota Wina, Austria dan sekitarnya telah dilangsungkan pada Sabtu, 13 April 2019 lalu.

Sejumlah 363 orang WNI datang ke gedung KBRI Wina untuk menggunakan hak pilihnya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). 

Untuk mengakomodir WNI yang berdomisili jauh dari lokasi KBRI Wina, sejumlah 374 surat suara telah dikirimkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) melalui pos sejak tanggal 15 Maret 2019.

KPPSLN bersama dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah selesai melaksanakan penghitungan Surat Suara untuk pemilih di wilayah Austria dan Slovenia, Rabu (17/04/2019).

Proses penghitungan dimulai pada pukul 10.00 pagi waktu setempat, didahului dengan penghitungan Surat Suara dari tempat pemungutan suara (TPS) dan dilanjutkan dengan penghitungan Surat Suara dari pemilih yang menggunakan jalur Pos.

Berdasarkan hasil perhitungan, Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, unggul dengan total perolehan suara sebanyak 528 (79,5%) suara dari total 664 Surat Suara yang dihitung. Sementara pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh total 128 (19,3%) suara. Terdapat 8 Surat Suara (1,2%) yang tidak sah.

Khusus Surat Suara via Pos, dari total 374 Surat Suara yang dikirimkan oleh KPPSLN Pos, ada sebanyak 301 Surat Suara atau sekitar 80% surat suara yang kembali melalui PO Box yang disewa oleh PPLN Wina. Dari jumlah tersebut, terdapat 4 Surat Suara yang tidak sah dan 73 Surat Suara yang tidak kembali.

Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Dr. Darmansjah Djumala, turut menghadiri dan memantau selama proses penghitungan Surat Suara dilakukan. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPSLN dan PPLN atas kerja keras mereka selama proses pesta demokrasi berlangsung, serta tetap memegang teguh prinsip jujur, adil dan transparan.

Selain PPLN, KPPSLN dan saksi, hadir pula sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan proses penghitungan Surat Suara. Suasana penghitungan suara berlangsung tertib namun tetap meriah, diiringi dengan sorak sorai para pendukung paslon. Penghitungan Surat Suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook PPLN Wina.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup