Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Klaim Menang di Jateng, Ganjar : Biar Pendukungnya Ora Gelo

Klaim kemenangan yang dilakukan kubu pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi  ditanggapi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo dan keluarga usai nyoblos/Yudi Supriyanto
Ganjar Pranowo dan keluarga usai nyoblos/Yudi Supriyanto

Bisnis.com, SEMARANG - Klaim kemenangan yang dilakukan kubu pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi  ditanggapi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar, tidak ada satupun lembaga surveiyang kredibel menyatakan pasangan Prabowo-Sandi memenangkan Pilpres 2019 versi hitung cepat (quick count).

"Mugkin statement itu muncul karena semangat yang luar biasa. Mungkin juga statemen itu dikeluarkan untuk membuat pendukungnya ora gelo (tidak kecewa). Yang penting semua tidak terpancing, melakukan tindakan anarkis dan jangan terprovokasi," ujarnya Kamis (18/4/2019).

"Ndak papa, dalam situasi psikologi seperti saat ini, ngeklaim kemenangan itu sesuatu yang biasa. Namun yang harus diingat, klaim itu ada rasionalitas dan scientific keilmuan yang bisa diuji," kata Ganjar.

Meski begitu, Politisi PDI Perjuangan tersebut mengatakan hasil quick count Pilpres tahun ini berbeda daripada tahun 2014 lalu. Kalau pada 2014 lalu ada poster yang menunjukkan dua kubu menang, saat ini tidak ada.

"Hari ini nyaris tidak ada satupun poster yang diumumkan ke publik yang memiliki lembaga resmi tentang kemenangan sekian. Yang ada, hampir semua menyatakan hasil sama. Belum ada hasul quick count yang hasilnya berbalik 180 derajat dari lembaga lainnya. Tidak ada sampai sekarang," tegasnya.

Sebelumnya, calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengumkan kemenanganya pada Pilpres 2019. Prabowo mengatakan unggul dari pasangan nomor urut 01 dan melakukan sujut syukur atas perolehan tersebut. Bahkan, Prabowo juga mengumumkan kemenangannya kepada publik melalui konferensi pers.

"Sampai hari ini quick count kami berada di angka 75 persen hingga 77 persen. Angka itu membuat semua terkejut, ya kerja kolektif dari kawan-kawan dari koalisi, relawan, parpol dan timses bekerjanya luar biasa. Puas tidak puas kita harus terima hasil ini, ini membuktikan Jawa Tengah masih kandang Banteng," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper