Hasil Penghitungan Suara di TPSLN Kopenhagen: Jokowi-Amin Unggul dari Prabowo-Sandi

Hasil Penghitungan Suara di TPSLN Kopenhagen: Jokowi-Amin Unggul dari Prabowo-Sandi
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 18 April 2019  |  01:30 WIB
Hasil Penghitungan Suara di TPSLN Kopenhagen: Jokowi-Amin Unggul dari Prabowo-Sandi
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung tersenyum sambil melambaikan tangan, usai memberikan keterangan terkait hasil hitung cepat Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, KOPENHAGEN -  Dari jumlah 552 total suara yang diterima PPLN Kopenhagen, baik suara pemilih langsung di TPS maupun pos, pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin meraih 440 suara atau 79,7%. Sedangkan pasangan Prabowo - Sandiaga Uno memperoleh 76 suara atau 13,7%. Sisanya terdapat 6,5% suara yang tidak sah.

Penghitungan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden di perwakilan Pemerintah RI di Kopenhagen digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI). Penghitungan suara dilakukan pada Rabu, 17 April 2019 mulai pukul 08.30 pagi.

“Proses penghitungan suara berlangsung dengan lancar dan tertib, masyarakat yang hadir juga mengikuti dengan antusias,” ujar M. Ibnu Said, Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, yang hadir sepanjang proses penghitungan.

Pemungutan suara di Denmark dan Lithuania dilakukan dengan dua metode pilihan, yaitu mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang dilakukan di KBRI Kopenhagen dan pengiriman surat suara melalui pos. Sedangkan metode kotak suara keliling (KSK) tidak dilakukan karena sudah tercover dengan dua metode lainnya.

Dengan total partisipan 552, pemungutan suara di TPS Kopenhagen menghasilkan tingkat partisipasi 77%. Jumlah Daftar Pemilih Tetap di PPLN Kopenhagen sebanyak 720 dan Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 63. Penghitungan suara juga disiarkan secara live di Homepage Facebook PPLN Denmark.

WNI yang hadir mengikuti penghitungan dengan antusias. Seperti misalnya, Dina Andersen, WNI yang sudah tinggal 25 tahun di Denmark, rela menempuh waktu 2 jam dari kota Rødvig ke Kopenhagen untuk mengikuti penghitungan suara. "Untung saya sedang libur kerja jadi bisa ikut liat penghitungan," ujarnya. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, prabowo subianto, Pilpres 2019

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top