DPR : Peninjau Asing Apresiasi Pemilu Serentak Tapi Damai

DPR menyatakan para peninjau asing pemilu di Indonesia terkesan dengan proses demokrasi yang berjalan damai.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 17 April 2019  |  21:02 WIB
DPR : Peninjau Asing Apresiasi Pemilu Serentak Tapi Damai
Petugas KPPS melakukan penghitungan suara Pilpres di TPS 222 Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Rabu (17/4/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA—DPR menyatakan para peninjau asing pemilu di Indonesia terkesan dengan proses demokrasi yang berjalan damai.

Sekjen  DPR, Indra Iskandar mengatakan bahwa  salah satu tujuan dari diselenggarakan peninjauan oleh pihak asing itu adalah untuk memberikan ruang kepada negara-negara dunia agar dapat mengamati proses perjalanan demokrasi di Indonesia.

Apalagi demokrasi sudah berjalan lebih dari 20 tahun di Indonesia. Menurutnya, para undangan cukup terkesan dengan pemilu yang diadakan secara serentak di Indonesia.

“Mereka sangat happy karena layanan yang baik  oleh petugas TPS kepada tamu. Mereka menyaksikan langsung sudah beberapa TPS dari kemarin. Mereka terlihat sangat menikmati sekali proses di dalam TPS tersebut,” ujar Indra kepada wartawan, Rabu (17/4).

Indra juga menambahkan, ketertarikan utama para delegasi tentunya adalah proses Pemilu yang dilaksanakan secara serentak, terbukti dari banyaknya pertanyaan unik yang terlontar oleh para delegasi undangan yang hadir.

Selain itu Indra juga berharap, ketika pulang nanti ke negaranya, para delegasi mendapat banyak hal positif tentang pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

"Mereka sangat tertarik dengan sistem demokrasi kita, terbukti pertanyaan mereka yang sangat unik dan bahkan ada yang keluar dari hal-hal teknis."

Dari (delegasi) Pakistan juga banyak pertanyaan muncul, mungkin bagi mereka ini akan jadi semacam studi banding melihat bagaimana hal-hal yang positif dari Indonesia sehingga menjadi acuan bagi beberapa negara demokrasi di dunia,.

Dari 5 TPS yang disambangi di Jakarta, terlihat antusiasme dari para delegasi untuk ikut aktif dalam segala proses Pemilu mulai dari pemilihan hingga pemungutan suara.

"Mereka juga cukup senang bertanya, baik itu kepada penyelenggara Pemilu juga kepada masyarakat sekitar, ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, quick count pilpres 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup